Contoh Saja

Demak — Desa Mutih Kulon kecamatan Wedung kini selangkah lebih maju dalam pemberdayaan ekonomi warga. Warga secara mandiri berinisiatif untuk mengembangkan usaha ternak kambing yang ramah lingkungan . Lewat Istana Farm di desa sudah ada 8 kandang permanen yang berisi kambing aneka jenis 10 -15 ekor.
Kandang kandang kambing berbahan kayu diatas pondasi cor menempati lahan desa. Warga utamanya perantauan ingin memberdayakan ekonomi warganya lewat ternak kambing. Mereka mengeluarkan modal untuk membuat kandang dan juga isinya berupa kambing. Sedangkan yang merawat adalah warga yang kehilangan pekerjaan atau tidak mempunyai pekerjaan pokok.

Ide ini di gagas salah satu perantau asal desa Mutih Kulon H. Ali Fathoni dan kakaknya Ahmad Razik . Ia melihat potensi desa Mutih Kulon yang cukup bagus untuk  pengembangan usaha ternak kambing. Selainn  banyak hijauan sebagai pakan ternak . Juga ada tempat khususnya lahan milik desa yang belum terpakai.

” Saya punya gagasan itu sejak lama  selanjutnya saya  di tindak lanjuti dengan kesepakatan dengan pihak desa yaitu Kepala desa Pak Ma’al. Nah akhirnya tercapai kesepakatan  kemudian mulai membuat satu kandang . Selanjutnya fihak desa juga membuat satu kandang  , selanjutnya ada yang gabung lagi dan seterusnya  sekarang ada 8 kandang dan nanti target sekitar 15 kandang  “, kata Ali Fathoni Senin 9/9/2024

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Istana Farm Mutih Kulon Demak , Kembangkan Ternak Kambing Sistem Kemitraan Dengan Warga”, Klik untuk baca:
https://www.kompasiana.com/ardans/66de6ef3c925c4587c2f5f62/istana-farm-mutih-kulon-demak-kembangkan-ternak-kambing-sistem-kemitraan-dengan-warga

Kreator: Fatkhul Muin Kabarseputarmuria

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

This will close in 20 seconds