Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi, Nomer 2 Incaran Cari Uang Saku

skripsimalang.com – Memilikki karir cemerlang adalah impian setiap orang tak terkecuali para mahasiswa yang telah memutuskan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi. Ilmu Komunikasi adalah ilmu yang mempelajari cara manusia dalam berkomunikasi dengan bahasa, baik secara verbal dan nonverbal, serta bagaimana manusia menjalin interaksi satu dengan lainnya. Komunikasi yang baik memang harus bersifat artikulatif dan ajakan.

Prospek Kerja jurusan Ilmu Komunikasi

Membahas mengenai peluang kerja ilmu komunikasi, ada berbagai macam bidang yang dapat digarap oleh para lulusan studi komunikasi, mulai dari humas, penulis, jurnalisme, bahasa asing, dan pemasaran. skripsimalang.com mencoba merangkum beberapa prospek kerja ilmu komunikasi diantaranya;

1. Pembaca Berita
Sudah jamak jika pembaca berita biasanya berasal dari para lulusan ilmu komunikasi, bagi kamu yang bekerja sebagai pembaca berita dituntut mampu menyampaikan informasi kepada penonton maupun pendengar jika kamu bekerja di stasiun radio.

Dalam situasi spesifik seperti breaking news, kamu dituntut bisa memilah informasi yang harus disampaikan dengan situasi terkini, tanpa menimbulkan bias kepada penonton maupun pendengar, sekaligus kamu harus peka kepada situasi di sekitar (lapangan) jika kamu sedang bertugas melaporkan kondisi yang terjadi di lapangan, misalnya meliput bencana alam, reka ulang kejadian, hingga kondisi seperti saat terjadi perang contoh: perang gam dengan polisi maupun TNI.

2. Penulis
Menjadi seorang penulis terkadang adalah sebuah pilihan kedua bagi beberapa orang, ada saat-saat tertentu kegiatan menulis dijadikan penghasilan kedua (read: freelance), tak sedikit pula yang menjadikannya sebagai pekerjaan utama.

Menulis juga merupakan salah bentuk komunikasi yang dilakukan manusia, berupa gagasan, ide dan ilmu pengetahuan. Kekuatan tulisan yang bersifat kekal dapat mengabadikan berbagai informasi, dari ilmu pengetahuan, sastra hingga teknologi. Kamu pun yang lulus dari jurusan ilmu komunikasi dapat menjadi seorang penulis dan editor, karena dalam dunia kepenulisan setidaknya dibutuhkan keahlian dalam penguasaan tata bahasa, ketelitian yang menjadi senjata utama bagi kamu yang lulus dari jurusan ilmu komunikasi.

3. Sales
Sales adalah pekerjaan yang cukup banyak dihindari oleh sebagian orang, padahal untuk menjadi seorang manager atau posisi yang lebih tinggi di dunia penjualan seseorang harus memilikki pengalaman sebagai sales.

Salesperson atau Account Execeutive, Sales Agent atau Sales Representative merupakan salah satu peluang kerja dari jurusan ilmu komunikasi, dan pekerjaan sales ini adalah menjual produk dan jasa dengan fokus utamanya membuat para konsumen menjadi loyal terhadap produk dan jasa dari perusahaannya.

Prospek kerja ilmu komunikasi bersifat sangat personal, kemampuan komunikasi dan menjaling relasi masing-masing orang sebagai salesperson sangat berpengaruh pada kesuksesan karirnya.

4. Event Organizer
EO bekerja pada sebuah perusahaan besar yang biasa menyelenggarakan berbagai macam jenis event, misal pesta ultah, perkumpulan komunitas, lomba, hingga pesta pernikahan. Kompetensi lulusan ilmu komunikasi sangat diperlukan ketika berhubungan dengan banyak pihak dalam mengkomunikasikan berbagai masalah dan solusi. Event Organizer harus menangani semua hal dengan rinci, mulai dari vendor hingga klien, dan tamu undangan.

5. Analis Riset Pasar
Analisa dan riset pasar sangat penting dilakukan sebagai langkah awal untuk menilai apakah sebuah produk dapat terjual secara efektif dan efisien, di pasar yang tepat. Sebagai analis riset pasar kamu bertugas merancang alat-alat yang dipakai untuk mengukur efektivitas produk pada pasar. Alat-alat yang dimaksud diantaranya, kuesioner, polling, dan survei. Fungsi lain dari riset pasar adalah untuk melaksanakan pengujian terhadap strategi marketing serta mencari tahu kebutuhan dari konsumen.

Nah setidaknya ada 5 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi yang bisa kamu pertimbangkan, tak lupa jika kamu sedang menjalani semester akhir akan atau sedang mengerjakan skripsi, kamu bisa banget berkonsultasi dengan Tim SkripsYuk.com