Jangan Terburu-Buru Memilih Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini!! Sebelum Membaca Ini

skripsimalang.com akan memberikan kamu gambaran singkat tentang jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, sebelum memutuskan kuliah mengambil Prodi tersebut. Yuuk kita mulai dengan apa itu Pendidikan Anak Usia Dini atau disingkat PAUD, Program studi PAUD ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi pendidik dan pembimbing anak usia dini atau pra sekolah. Supaya kamu bisa menjadi guru PAUD, maka sebagai mahasiswa kamu harus bisa menguasai dan memahami profil perkembangan psikologis dan fisik anak usia dini.

Sedangkan, pengertian Pendidikan Guru Anak Usia Dini adalah upaya pengaturan, pengelolaan dan pengembangan di bidang pendidikan pra sekolah, pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Hal tersebut didorong oleh pentingnya usia dini sebagai masa emas dalam pembentukan kemampuan belajar dan tingginya minat masyarakat.

Dikutip dari Youthmanual ada 14 mata kuliah jurusan PAUD yang akan kamu tempuh selama menjalani pendidikan, dan mungkin saja mata kuliah atau jumlahnya akan berbeda di masing-masing perguruan tinggi diantaranya; 1) Pendidikan Kewarganegaraan; 2) Ilmu Sosial Budaya Dasar; 3) Ilmu Alamiah Dasar; 4) Pendidikan Bahasa Indonesia; 5) Pengantar Pendidikan; 6) Psikologi Perkembangan Anak Usia 0-3 tahun; 7) Psikologi Perkembangan Anak Usia 4-6 tahun; 8) Psikologi Perkembangan Anak Usia 7-8 tahun; 9) Belajar Pembelajaran; 10) Filsafat PAUD; 11) Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak; 12) Bermain dan Permainan; 13) Strategi Pengambangan Kognitif; 14) Strategi Pengembangan Moral dan Afeksi.

Perlu kamu ketahui juga yaitu Tujuan Pendidikan Anak Usia Dini diantaranya;
1) Sebagai pondasi bagi anak untuk beradaptasi dengan lingkungan serta kemajuan dan progres selanjutnya.
2) Untuk memberikan rangsangan edukasi sehingga dapat membangkitkan potensi yang mungkin saja dimilikki pada anak.
3) Mengembangkan potensi yang sudah terlihat pada anak tersebut.
4) Agar dapat dilakukan penemuan secara dini terhadap kemungkinan terjadinya gangguan dalam perkembangan potensi yang dimilikki anak usia dini.

Sedangkan tujuan pendidikan anak usia dini di Jepang yaitu, untuk mencetak anak yang sehat secara jasmani, bisa mandiri untuk keperluan sehari-hari sesuai dengan usia masing-masing, dan bisa bekerjasama dengan teman seusianya, anak yang lebih tua, orang dewasa dan terbiasa bergaul dengan lingkungan.

Kedua tujuan diatas, bisa kamu gunakan dalam mempertimbangkan memilih jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Jangan beranjak dulu skripsimalang.com sudah merangkum beberapa Prospek Kerja Jika Kamu Memilih Kuliah di jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, diantaranya kamu bisa menjadi; 1) Guru PAUD dan TK; 2) Kepala Sekolah; 3) Praktisi Anak Usia Dini; 4) Konsultan Anak Usia Dini; 5) Psikolog Anak Usia Dini (mungkin perlu kuliah lagi atau kerjasama ya); 6) Penulis Buku Untuk Anak Usia Dini; 7) Dosen S1 PAUD (Lanjut kuliah dulu ke S2 atau S3 guys).

Dengan memilih jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, bukan hanya ilmu pengetahuan dan berkesempatan mencerdaskan anak bangsa tetapi kamu juga mendapatkan pahala yang terus mengalir, dan ada perasaan bangga, haru ketika murid yang pernah kamu didik di sekolah menjadi orang yang berguna dan masih mengunjungimu.

Baiklah cukup sekian artikel kali ini, jika kamu mengalami kendala mengerjakan skripsi atau menentukan judul kamu bisa menghubungi skripsimalang.com untuk berkonsultasi. [ph]