Tips Mengerjakan Latar Belakang Skripsi

Dalam dunia perkuliahan, salah satu langkah yang pasti akan dihadapi adalah menulis skripsi. Bagian yang seringkali bikin pusing adalah bagaimana membuat latar belakang skripsi. Kadang kita bingung harus mulai dari mana. Tapi dengan beberapa tips yang tepat, proses membuat latar belakang skripsi bisa jadi lebih mudah dan efisien.

Banyak mahasiswa merasa kesulitan saat harus bikin latar belakang skripsinya. Selain itu, latar belakang skripsi juga penting banget karena jadi dasar dan alasan mengapa kita melakukan penelitian itu. Nah, di artikel ini, kita akan bahas beberapa tips penting yang bisa bantu kamu bikin latar belakang skripsi dengan lebih baik.

jasa skripsi malang

Memahami Pentingnya Latar Belakang Skripsi

Latar belakang skripsi itu seperti pintu gerbang yang membawa kita masuk ke dalam dunia penelitian. Di sini, kita menjelaskan apa yang akan kita teliti, mengapa itu penting, dan bagaimana hal itu terhubung dengan pengetahuan yang sudah ada. Jadi, bisa dibilang, latar belakang ini adalah dasar yang kokoh bagi penelitian kita.

Ketika menulis latar belakang skripsi, kita ingin pembaca tahu mengapa topik yang kita pilih itu penting. Jadi, kita perlu menjelaskan masalah yang akan kita teliti dengan singkat, mengapa itu menjadi perhatian penting, dan bagaimana penelitian kita dapat menambah pengetahuan yang sudah ada.

Selain itu, latar belakang skripsi juga membantu kita meletakkan penelitian kita dalam konteks yang lebih luas. Kita bisa menunjukkan bagaimana penelitian kita terhubung dengan penelitian sebelumnya dan bagaimana hal itu bisa memperkaya pemahaman kita tentang suatu topik. Jadi, tulisan latar belakang ini tidak hanya memperkenalkan topik kita, tapi juga membantu kita menyiapkan pondasi yang kuat untuk penelitian kita berikutnya.

Baca juga : Larangan apa saja yang ada dalam skripsi

Unsur Latar Belakang Skripsi

Mari kita teliti unsur-unsur latar belakang dalam skripsi ini dengan cermat.

1. Konteks Masalah 

Ini adalah bagian di mana kita membahas sejarah atau perkembangan masalah yang akan diteliti. Kita dapat menguraikan bagaimana masalah tersebut telah menjadi fokus perhatian dalam beberapa tahun terakhir atau bahkan dekade terakhir. Misalnya, jika topiknya adalah perubahan iklim, kita bisa membahas bagaimana kesadaran akan perubahan iklim telah meningkat secara global dalam beberapa tahun terakhir, dan bagaimana hal itu telah memicu berbagai upaya penelitian dan kebijakan.

2. Urgensi Masalah 

Di sini, kita menjelaskan mengapa masalah tersebut penting dan mendesak untuk diteliti. Kita dapat menguraikan dampak dari masalah tersebut terhadap masyarakat, lingkungan, atau bidang lain yang relevan. Misalnya, jika topiknya adalah penggunaan plastik sekali pakai, kita bisa membahas bagaimana masalah ini mengancam lingkungan dan kesehatan manusia, serta bagaimana efek jangka panjangnya dapat menjadi ancaman serius bagi generasi mendatang.

3. Relevansi dengan Kondisi Saat Ini 

Bagian ini membahas bagaimana masalah yang diteliti memiliki relevansi dengan kondisi saat ini atau konteks sosial, ekonomi, politik, atau lingkungan yang sedang terjadi. Kita bisa merujuk pada berita terkini, data statistik, atau tren terbaru untuk menguatkan argumen tentang pentingnya penelitian ini dilakukan sekarang. Misalnya, jika topiknya adalah kesehatan mental di kalangan mahasiswa, kita bisa membahas bagaimana tekanan akademik dan perubahan gaya hidup modern telah meningkatkan prevalensi masalah kesehatan mental di kalangan mahasiswa saat ini.

Tentunya! Berikut adalah poin-poin tambahan untuk menyusun latar belakang skripsi yang lebih komprehensif

4. Kesenjangan Pengetahuan 

Selain membahas konteks masalah yang telah ada, penting juga untuk mengidentifikasi kesenjangan dalam pengetahuan yang masih perlu diteliti lebih lanjut. Ini dapat berupa area penelitian yang belum terjamah secara mendalam atau aspek-aspek dari masalah yang masih belum dipahami dengan baik. Misalnya, jika topiknya adalah pemanfaatan energi terbarukan, kita bisa membahas bagaimana ada kebutuhan untuk lebih memahami implikasi ekonomi dan sosial dari transisi menuju energi terbarukan.

5. Tujuan Penelitian 

Di bagian ini, kita menjelaskan tujuan dari penelitian yang akan dilakukan. Apakah penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi solusi konkret terhadap masalah yang diteliti, atau untuk menyumbangkan wawasan baru ke dalam literatur yang ada? Tujuan ini harus jelas dan terkait erat dengan masalah yang akan diteliti. Misalnya, tujuan penelitian tentang perubahan iklim bisa berfokus pada mengidentifikasi strategi mitigasi yang efektif.

Dengan mempertimbangkan dan menguraikan semua unsur ini dengan baik dalam latar belakang skripsi, pembaca akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya topik penelitian dan relevansinya dengan kondisi saat ini.

jasa skripsi malang

Tips Mengerjakan Latar Belakang Skripsi

Berikut adalah tips mengerjakan latar belakang skripsi secara efisien

1. Rumuskan Masalah dengan Jelas 

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merumuskan masalah penelitian secara jelas dan terperinci. Ini membantu membimbing pembaca tentang apa yang akan Anda teliti dan mengapa hal tersebut penting. Misalnya, Anda bisa menjelaskan secara sederhana apa yang membuat topik tersebut menarik untuk diteliti dan bagaimana penelitian Anda akan memberikan kontribusi pada pemahaman tentang topik tersebut.

2. Kumpulkan dan Analisis Referensi 

Setelah Anda merumuskan masalah, langkah berikutnya adalah mengumpulkan dan menganalisis berbagai referensi terkait. Ini penting untuk memahami konteks dan penelitian sebelumnya yang telah dilakukan tentang topik yang Anda teliti. Dengan memahami penelitian sebelumnya, Anda dapat melihat celah pengetahuan yang masih perlu diisi dan mengarahkan penelitian Anda ke arah yang lebih relevan dan bermanfaat.

3. Susunlah dengan Struktur yang Teratur 

Saat menulis latar belakang skripsi, pastikan untuk mengikuti struktur yang teratur. Mulailah dengan pendahuluan yang mengenalkan topik secara umum, lalu lanjutkan dengan uraian masalah yang akan diteliti secara lebih mendalam. Setelah itu, bahas urgensi penelitian Anda dengan menjelaskan mengapa topik tersebut penting untuk diteliti. Struktur yang teratur akan membantu pembaca untuk mengikuti alur pemikiran Anda dengan lebih baik.

4. Mengutip Sumber dengan Benar 

Terakhir, pastikan untuk mengutip sumber-sumber yang digunakan dengan benar sesuai dengan aturan penulisan akademik yang berlaku. Ini penting untuk menghormati karya orang lain dan memastikan keakuratan dan keandalan informasi yang Anda sampaikan. Dengan mengutip sumber dengan benar, Anda juga memperkuat argumen Anda dan menunjukkan landasan yang kuat untuk penelitian Anda.

Dengan mengikuti tips ini, diharapkan Anda dapat menulis latar belakang skripsi yang kuat dan informatif, yang membantu membimbing pembaca menuju pemahaman yang lebih baik tentang topik yang Anda teliti.

Baca juga : Menaklukkan Angka: Panduan Komprehensif Analisis Data Skripsi

Kesimpulan

Kesimpulannya, waktu dan perhatian yang diberikan dalam menyusun bagian latar belakang skripsi sangatlah penting. Dengan memahami apa yang dibutuhkan, serta tips untuk melakukannya dengan baik, prosesnya bisa menjadi lebih lancar dan hasilnya lebih memuaskan. Semoga artikel ini bisa membantu mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya dengan lebih baik.

Jika ada yang perlu ditanyakan, jangan sungkan untuk menghubungi kami Admin Skripsi Malang dan konsultasikan masalah Anda dengan para ahli kami.

Open chat
Ribuan mahasiswa telah terbantu dan berhasil lulus. Konsultasikan skripsimu sekarang...