Wawancara Tidak Terstruktur: Pengertian, Tujuan, Keunggulan dan Contoh

Wawancara tidak terstruktur bisa jadi terdengar aneh, tapi sebenarnya sangat berguna dalam menggali informasi secara mendalam. Ini mirip dengan percakapan santai di mana tidak ada aturan kaku tentang apa yang harus ditanyakan. Hal ini memungkinkan kita untuk menjelajahi topik dengan lebih bebas dan menemukan wawasan yang lebih dalam.

Dengan pendekatan ini, Anda bisa mengeksplorasi topik dengan lebih bebas, tanpa terikat pada daftar pertanyaan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Ini memungkinkan kita untuk menemukan informasi yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya. Jadi, wawancara tidak terstruktur adalah cara yang sangat baik untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lengkap dan autentik tentang subjek yang sedang Anda pelajari. 

Mari kita lihat lebih dalam mengenai esensi dari wawancara tidak terstruktur dan bagaimana hal ini dapat mengubah paradigma kita dalam menggali informasi.

jasa skripsi malang

Pengertian Wawancara Tidak Terstruktur

Wawancara tidak terstruktur itu seperti obrolan santai. Jadi, bayangkan jika Anda sedang ngobrol dengan teman Anda tanpa harus mengikuti daftar pertanyaan. no, begitulah wawancara tidak terstruktur bekerja. Anda tidak akan menemukan daftar pertanyaan yang sudah ditentukan. Sebaliknya, Anda akan membiarkan percakapan berkembang dengan alaminya.

Saat melakukan wawancara tidak terstruktur, Anda memberi kebebasan pada narasumber untuk berbicara dengan bebas. Ini artinya, mereka bisa bercerita tanpa harus terbelenggu oleh format pertanyaan yang kaku. Bayangkan Anda sedang bercerita tentang pengalaman Anda tanpa harus memikirkan apakah pertanyaan Anda sudah sesuai dengan daftar yang telah dibuat sebelumnya.

Hal yang paling menarik dari wawancara tidak terstruktur adalah kemungkinan untuk menemukan informasi yang tidak terduga. Ketika Anda membiarkan percakapan mengalir dengan bebas, seringkali Anda akan menemukan cerita atau pandangan yang mungkin tidak akan muncul jika Anda terpaku pada pertanyaan-pertanyaan yang sudah ditentukan sebelumnya. Jadi, wawancara tidak terstruktur adalah kesempatan untuk menjelajahi berbagai sudut pandang tanpa batasan yang mengikat.

Baca juga : Wawancara Semi Terstruktur: Pengertian, Tujuan, Keunggulan dan Contoh

Tujuan Wawancara Tidak Terstruktur

Wawancara yang tidak terstruktur adalah cara yang baik untuk mendapatkan cerita yang jujur dan mendalam dari seseorang. Dalam jenis wawancara ini, narasumber diberi kebebasan untuk berbicara tentang apapun yang mereka inginkan tanpa harus menjawab pertanyaan yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Dengan memberi ruang untuk ekspresi bebas, Anda bisa melihat sisi emosional dan nuansa yang mungkin terlewatkan dalam wawancara yang lebih terstruktur.

Wawancara tanpa rencana bisa memberi peluang kepada orang yang diwawancarai untuk bercerita tentang pengalaman atau pandangan yang mungkin mengejutkan. Ini penting karena cerita seringkali menjadi menarik berkat detail-detail kecil atau sudut pandang yang beda dari yang lain. Dengan memberi ruang kepada narasumber untuk berbicara tanpa batasan, Anda bisa mendapat pemahaman yang lebih dalam dan jujur tentang topiknya.

Tujuan utama dari wawancara ini adalah untuk benar-benar memahami topik yang sedang dibicarakan. Dengan memberikan kesempatan kepada narasumber untuk bercerita tanpa batasan, Anda dapat menangkap inti dari pengalaman atau cerita yang ingin Anda sampaikan. Ini semua membantu Anda menyampaikan cerita dengan lebih kuat dan membuat dampak yang lebih besar pada para pembaca atau pendengar kita. Jadi, dengan cara ini, Anda dapat mengeksplorasi topik secara lebih dalam dan membuat koneksi yang lebih kuat dengan audiens Anda.

Jasa Skripsi Malang

Keunggulan Wawancara Tidak Terstruktur

Salah satu keunggulan besar dari wawancara tidak terstruktur adalah fleksibilitasnya. Dalam jenis wawancara ini, kita tidak terikat pada daftar pertanyaan yang sudah disiapkan sebelumnya. Sebagai gantinya, kita bisa mengikuti arah percakapan sesuai dengan respons yang diberikan oleh narasumber. Ini membuka kesempatan untuk mengeksplorasi topik dengan lebih mendalam dan menyeluruh, serta memberikan ruang bagi narasumber untuk berbicara dengan lebih santai.

Dalam wawancara tidak terstruktur, Anda memiliki kebebasan untuk menjelajahi berbagai topik yang muncul dalam percakapan. Hal ini memungkinkan Anda untuk memahami sudut pandang narasumber dengan lebih baik, karena tidak ada batasan dari daftar pertanyaan yang kaku. Dengan kata lain, Anda dapat menggali informasi dengan lebih dalam dan luas, sehingga memberikan gambaran yang lebih lengkap tentang subjek yang dibicarakan.

Selain itu, keunggulan lain dari wawancara tidak terstruktur adalah bahwa narasumber memiliki ruang yang lebih besar untuk menyampaikan pendapat mereka. Tanpa tekanan dari pertanyaan yang terstruktur, mereka dapat berbicara dengan lebih bebas dan memberikan informasi yang lebih beragam. Hal ini dapat menghasilkan pemahaman yang lebih mendalam dan juga memperkuat hubungan antara pewawancara dan narasumber, karena narasumber merasa didengarkan dan dihargai.

Contoh Wawancara Tidak Terstruktur

Dalam sebuah wawancara tidak terstruktur, suasana cair dan percakapan yang alami menjadi kunci. Pendekatan ini memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi topik dengan lebih dalam tanpa harus terikat pada pertanyaan-pertanyaan yang kaku. Dalam suasana yang tidak tegang, orang yang diwawancarai lebih mungkin untuk berbicara secara terbuka tentang pengalaman, pandangan, dan pengetahuan mereka. Mari kita lihat contoh wawancara tidak terstruktur di bawah ini:

Wawancara dengan Petani tentang Pertanian Organik

Interviewer: Selamat pagi Pak Budi, terima kasih sudah bersedia diajak bicara. Jadi, bagaimana awal mula Anda tertarik dengan pertanian organik?

Pak Budi: Pagi juga. Sebenarnya, awalnya saya hanya mencoba-coba karena ingin mengurangi penggunaan pestisida. Tapi setelah beberapa tahun, saya melihat hasilnya jauh lebih baik dari yang saya duga.

Interviewer: Menarik sekali. Apa yang membuat Anda yakin bahwa pertanian organik ini berhasil?

Pak Budi: Ya, salah satunya, tanah saya lebih subur sekarang. Dan tentu saja, tidak ada risiko kesehatan karena tidak menggunakan pestisida. Selain itu, hasil panen juga terasa lebih segar dan lebih baik rasanya.

Interviewer: Bagaimana Anda menjalankan pertanian organik ini sehari-hari?

Pak Budi: Biasanya saya menggunakan pupuk organik, seperti kompos dan pupuk kandang. Saya juga mencoba teknik-teknik pengendalian hama alami, seperti menanam tanaman yang menarik predator alami hama.

Interviewer: Sangat menarik. Apakah ada tantangan khusus yang Anda hadapi dalam pertanian organik?

Pak Budi: Tentu saja, salah satunya adalah melawan hama dan penyakit tanaman tanpa pestisida. Tapi, saya melihat bahwa dengan pemahaman yang lebih baik tentang ekosistem pertanian, tantangan itu bisa diatasi.

Interviewer: Terima kasih banyak Pak Budi atas waktunya. Apakah ada pesan terakhir yang ingin Anda sampaikan tentang pertanian organik?

Pak Budi: Sama-sama. Pesan saya, mari kita semua mendukung pertanian organik. Selain menjaga kesehatan tanah dan tanaman, ini juga mendukung keberlanjutan lingkungan.

Dengan demikian, telah membahas contoh wawancara tidak terstruktur dan kebebasan yang diberikannya kepada peserta. Melalui pendekatan ini, peneliti dapat mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang pikiran dan pengalaman responden.

Baca juga : Mengoptimalkan Penelitian: Strategi Analisis Data Skripsi

Kesimpulan 

Dari penjelasan di atas, kita bisa simpulkan bahwa wawancara yang tidak terstruktur bisa jadi alat yang sangat kuat untuk mendapatkan informasi yang dalam dan autentik. Dengan fleksibilitasnya, Anda bisa menggali cerita secara lebih menyeluruh dan mendalam, serta menemukan inti dari cerita yang mungkin terlewatkan dalam wawancara yang terstruktur. Jangan ragu untuk mencoba metode ini dalam penelitian atau tulisan jurnalistik Anda berikutnya, karena bisa jadi di balik kekacauan ada hal yang menarik untuk ditemukan.

Jelajahi keajaiban wawancara tidak terstruktur dalam artikel kami dan temukan bagaimana metode ini dapat mengubah cara Anda mendapatkan informasi. Untuk bantuan lebih lanjut, hubungi Admin Skripsi Malang dan konsultasikan masalah Anda.

Open chat
Ribuan mahasiswa telah terbantu dan berhasil lulus. Konsultasikan skripsimu sekarang...