Trik Lulus Sidang Tanpa Grogi

skripsimalang.com – Sangat manusiawi jika kamu merasa grogi saat menjelang sidang, makin grogi saat presentasi. Tipsnya jangan grogi, udah gitu aja? nggak lah.

Faktor psikis itu memang bikin greget ya, triknya itu mudah pahami benang merah pada skripsi kamu. Sering-seringlah bertanya kepada dosen pembimbingmu sebaiknya kamu bagaimana nanti saat sidang, pertanyaan apa yang biasanya ditanyakan. Nah di postingan sebelumnya sudah disinggung bersikaplah yang baik terhadap dosen pembimbingmu, karena hanya dia yang paham dengan situasi dan kondisi ketika di medan sidangmu nanti.

Trik sederhana yang bisa diberikan oleh skripsimalang.com adalah;

  1. Boleh pusing dan bingung, tapi yang wajar aja toh itu hanya beberapa jam saja saat sidang. Jika ada teman atau kakak tingkatmu sidang lebih baik kamu datang saja, agar tahu seperti apa kamu nanti “dibantai” #eh.
  2. Cari tahu profil dosen pengujimu seperti apa, jika saat kuliah ia baik, low profile bisa saja ia sangat GARANG pas sidang. Hal itu bisa dimaklumi, karena mahasiswa yang dinyatakan lulus nantinya akan memilikki tanggungjawab yang lebih besar,  dan apakah kamu memang layak untuk lulus sekarang atau tahun depan?
  3. Cek kelengkapan berkas skripsi kamu, seperti hal kecil penomoran halaman, posisi bab, tabel, nama tabel, rumus dsb..
  4. Temui dosen pembimbingmu untuk terakhir kalinya, mintalah nasehat dan saran agar kamu bisa lancar pada saat ujian sidang akhir.
  5. Baca dan pahami lagi skripsi yang sudah kamu kerjakan, minta orang lain yang ahli atau kakak tingkatmu berperan sebagai dosen penguji.
  6. Pastikan kamu sudah membuat persiapan akhir dengan skripsimalang.com, untuk konsultasi dan bimbingan materi atau bab yang kamu anggap masih sedikit sulit untuk menjelaskannya ke dosen penguji. Biasanya disini ada simulasi sidang akhir, jadi setidaknya kamu ada gambaran.

Sebaiknya kamu praktekkan poin 3-6, karena poin 1 dan 2 bisa kamu hadapi pada saat sidang Yaa mengalir begitu saja. Tak perlu ada yang kamu khawatirkan selain persiapan matang dan berdoa.

This will close in 20 seconds

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?