Apa Itu Latar Belakang Masalah dalam Penelitian

Sebelum Anda menulis sebuah karya ilmiah yang entah itu skripsi, tesis, disertasi, paper, makalah sampai dengan proposal penelitian pasti tidak lupa dengan yang namanya latar belakang masalah. Latar belakang masalah sudah menjadi pijakan dasar kenapa harus melakukan penelitian tersebut, dan isinya merupakan pokok-pokok permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian. 

Dari latar belakang tersebut kemudian rumuskan dan kumpulkan teori-teori yang sudah ada sampai ketemu hipotesis yang akan dibuktikan dengan hasil penelitian. Tapi apakah Anda tau apa itu latar belakang masalah dalam penelitian? Untuk membantu Anda dalam mengetahui apa itu latar belakang masalah dalam penelitian, artikel dari Skripsi Malang akan membantu Anda untuk lebih memahami apa itu latar belakang masalah dalam penelitian. 

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Latar Belakang Klualitatif yang Baik

Apa itu Latar Belakang Masalah dalam Penelitian?

Dalam dunia penelitian, latar belakang masalah memegang peranan penting sebagai fondasi untuk menyelidiki topik yang diteliti. Sebagai peneliti, memahami konsep latar belakang masalah sangatlah penting. Latar belakang masalah memberikan gambaran umum tentang topik yang akan diteliti, membantu untuk memahami konteks dan relevansi topik tersebut dalam ranah penelitian. 

Latar belakang masalah juga membantu dalam mengidentifikasi masalah atau kesenjangan pengetahuan yang perlu dipecahkan melalui penelitian. Dengan menguraikan masalah yang ingin dipecahkan dengan jelas, peneliti dapat merumuskan tujuan penelitian yang spesifik dan relevan. Latar belakang masalah tidak hanya memberikan landasan teoritis bagi penelitian, tetapi juga membantu memperjelas urgensi dan relevansi topik yang diteliti.

Konteks dan Relevansi

Dalam menulis latar belakang masalah, penting untuk memperhatikan konteks dan juga relevansi dari topik yang diteliti. Konteks memberikan pemahaman tentang situasi atau kondisi yang menjadi latar belakang dari masalah yang dibahas. menjelaskan relevansi topik juga penting untuk menunjukkan mengapa penelitian ini layak dilakukan dan bagaimana hal itu dapat memberikan kontribusi signifikan. Dengan memahami konteks dan relevansi, pembaca akan lebih mampu menempatkan penelitian dalam kerangka yang lebih luas, sehingga meningkatkan pemahaman mereka terhadap urgensi dan pentingnya penelitian tersebut.

Melalui pembahasan konteks dan relevansi, peneliti juga dapat menyoroti implikasi praktis atau potensial dari penelitian tersebut. Dengan menyajikan konteks dan relevansi dengan jelas dalam latar belakang masalah, peneliti dapat meningkatkan nilai penelitian mereka dan memotivasi pembaca untuk terlibat lebih lanjut dalam pembahasan dan implementasi solusi yang ditawarkan.

Identifikasi Masalah yang Ingin Dipecahkan

Dalam menulis latar belakang masalah, penting untuk mempertimbangkan konteks yang menyertainya. Konteks memberikan pemahaman tentang lingkungan atau situasi di mana masalah itu muncul, memberi pembaca kerangka pemikiran yang diperlukan untuk memahami akar permasalahan. Contoh, jika topik penelitian adalah krisis air bersih di wilayah perkotaan, konteks yang relevan mungkin mencakup pertumbuhan populasi yang cepat, kepadatan penduduk yang tinggi, dan infrastruktur yang kurang memadai dalam mengatasi permintaan akan air bersih. 

Latar belakang masalah juga memberikan kesempatan bagi peneliti untuk menyoroti relevansi topik yang dipilih dalam konteks yang lebih luas. Misalnya, dengan membahas implikasi dari krisis air bersih terhadap kesehatan masyarakat, ekonomi, dan lingkungan, peneliti dapat mengilustrasikan dampak yang signifikan dari masalah tersebut. Penjelasan yang mendalam tentang relevansi topik tidak hanya memperkuat urgensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pembaca tentang mengapa topik tersebut penting dan layak untuk diperhatikan. 

Urgensi Penelitian

Dalam mengeksplorasi urgensi penelitian, penting untuk memahami kontribusi potensial yang dapat diberikan oleh penelitian tersebut dalam memecahkan masalah yang relevan. Misalnya, dalam konteks krisis air bersih di wilayah perkotaan, penelitian yang menyelidiki faktor penyebab krisis dan solusi yang mungkin dapat memberikan wawasan yang berharga bagi pembuat kebijakan. Dengan mempertimbangkan implikasi jangka panjang dari masalah tersebut, penelitian yang dilakukan dengan cermat dapat memberikan kontribusi nyata dalam membangun masyarakat yang lebih berkelanjutan dan memastikan akses yang adil terhadap sumber daya air bersih bagi semua orang.

Urgensi penelitian juga terkait dengan kebutuhan untuk meningkatkan pemahaman tentang kompleksitas masalah yang dihadapi. Melalui penelitian yang mendalam, dapat mengidentifikasi berbagai aspek yang mempengaruhi krisis air bersih, seperti perubahan iklim, urbanisasi, dan kebijakan pengelolaan sumber daya alam. Dengan memahami akar penyebab dan dampak dari masalah ini, Anda bisa mengarahkan upaya menuju solusi yang lebih efektif dan berkelanjutan. 

Isi latar belakang masalah

isi dari latar belakang dalam penelitian adalah :

1. Data atau fakta yang ada

Hal ini menjadi dasar dalam penulisan latar belakang. Dengan data atau fakta yang diperoleh, harus dijabarkan masalah apa yang akan dibahas. Tentu data ini nantinya akan dibandingkan dengan teori-teori yang ada atau standar keilmuan. Jika berbeda, disitulah letak permasalahannya.

2. Analisis

Analisis merupakan salah satu tahap penting dalam proses penelitian yang melibatkan pemahaman mendalam tentang data yang telah dikumpulkan. Analisis juga memungkinkan peneliti untuk menguji hipotesis yang diajukan sebelumnya atau menemukan temuan baru yang mungkin tidak terduga. Melalui analisis yang cermat, peneliti dapat menghasilkan temuan yang substansial dan dapat diandalkan yang menjadi landasan untuk pembahasan dan kesimpulan dalam penelitian tersebut.

Lalu menurut Sugiyono 1999:302 yang menyebutkan bahwa latar belakang masalah berisi tentang sejarah, alur, dan peristiwa yang sedang terjadi pada penelitian. Namun dalam penelitian tersebut benar-benar ada masalah atau penyimpangan yang bisa dilihat dari standar keilmuan atau peraturan yang ada. 

Karena adanya penyimpangan tersebutlah kemudian sebuah proyek penelitian bisa untuk diteliti. Dalam latar belakang masalah juga terdapat analisis sehingga sebuah masalah menjadi lebih jelas dan bisa diterima dengan baik. Melalui analisis ini juga, peneliti harus mampu menjelaskan tentang penyimpangan atau ketidak sesuaian yang terjadi dan kenapa harus diteliti lebih jauh lagi.

Komponen latar belakang masalah

Latar belakang masalah dalam sebuah penelitian terdiri dari beberapa komponen yang penting untuk disajikan secara komprehensif. 

  1. Dalam latar belakang masalah, peneliti biasanya memberikan gambaran umum tentang topik yang diteliti. Biasanya menyajikan informasi tentang perkembangan terbaru, tren, atau isu-isu terkini yang terkait dengan topik tersebut.
  2. Latar belakang masalah juga digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan atau kesenjangan pengetahuan yang perlu dipecahkan melalui penelitian. Hal ini membantu menyoroti relevansi penelitian dalam konteks yang lebih luas dan menunjukkan kontribusi unik dari penelitian yang akan dilakukan. 
  3. Latar belakang masalah juga membantu dalam merumuskan pertanyaan penelitian yang tepat dan mengidentifikasi tujuan penelitian secara jelas. Dengan menyajikan latar belakang masalah yang kuat, peneliti dapat meyakinkan pembaca tentang pentingnya penelitian tersebut dan memotivasi mereka untuk memahami lebih lanjut serta mendukung upaya penelitian yang dilakukan. 
Baca juga: Apa Itu Skripsi? Tujuan, Jenis dan Tahapan 

Kesimpulan

pemahaman yang mendalam tentang latar belakang masalah merupakan langkah awal yang sangat penting dalam proses penelitian. Latar belakang masalah tidak hanya memberikan konteks dan urgensi terhadap topik yang diteliti, tetapi juga membantu merumuskan pertanyaan penelitian yang tepat dan tujuan yang jelas. 

Lalu jika anda memiliki kendala dalam latar belakang masalah, Skripsi  Malang menyediakan layanan konsultasi dengan berbagai mentor profesional di bidangnya. Hubungi Skripsi Malang sekarang dan konsultasikan kendala-kendala yang kamu alami. 

Penulis: Diestha

This will close in 20 seconds

Open chat
Ribuan mahasiswa telah terbantu dan berhasil lulus. Konsultasikan skripsimu sekarang...