Kendala Penggunaan Excel Pada Setiap Versi 2003/2007/2010

Pengertian Miscrosoft Excel

MS Excel merupakan software premium yang diciptakan oleh perusahaan aplikasi terbesar dunia, yakni Microsoft. Aplikasi ini merupakan software office akuntansi dan matematis terbanyak dipakai oleh semua warga dunia ketika ini. Tentunya karena dalil kemudahan dan fiturnya yang luar biasa. Fiturnya yang paling penting untuk para akuntan, praktisi statistik, peneliti atau mahasiswa penelitian ialah fitur faedah atau rumus statistik dan matematis. Ditambah lagi dengan satu AddIns yang luar biasa berfungsi di bidang statistik, yakni AddIns Data Analysis Toolpak.

Dengan AddIns itu kita dapat melakukan analisis data statistik yang rumit menjadi lebih gampang dan cepat sebab fitur di dalamnya yang powerfull dan user friendly. Kelebihan lainnya ialah kemampuan dalam berkolaborasi dengan software database lainnya, khususnya yang memakai sistem ODBC, contoh MS Access Database, MS SqlServer, MySQl, Oracle, Postqre, IBM SPSS Server dan sejumlah server lainnya. Ditambah lagi dengan fitur Grafik yang menyeluruh dan cantik serta pivot table, maka tentunya software MS Excel kepunyaan Microsoft ini paling bermanfaat untuk para pemakai sistem database untuk kebutuhan data mining dan analisis reporting.

Versi MS Excel

MS Excel sudah melalui sekian banyak tahapan versi semenjak kesatu kali dipublikasikan, mulai dari MS Excel 98 hingga 2000, 2003, 2007, 2010 dan 2013. Excel 98 hingga dengan 2003 mempunyai satu sistem atau algoritma yang sama. Sedangkan Excel 2007 memiliki keserupaan dengan 2010 dan 2013. Perbedaan utama diantara Excel 2007, 2010 dan 2013 ialah terletak pada tampilan, kemampuan bersangkutan dengan database dan kemampuan bersangkutan dengan software lainnya.

Baca juga: Jasa Konsultasi Olah Data Skripsi

Masalah Beda Versi Pada MS Excel

Karena pemakai memakai versi yang berbeda-beda, maka tidak jarang terjadi masalah, yakni file (worksheet) tidak dapat dimulai oleh versi yang lainnya. Masalah ini terjadi bilamana versi yang dipakai untuk membuka lebih rendah/tua dikomparasikan versi yang dipakai untuk menciptakan dan menyimpan worksheet. Misal Worksheet diciptakan dengan MS Excel 2007 dan dimulai dengan MS Excel 2003, maka tidak bakal bisa. Tetapi andai sebaliknya maka MS Excel 2007 tentu dapat membuka software MS Excel 2003.

Perlu diketahui bahwa batas perbedaan versi yang penting ialah antara sebelum 2007 dan setelah 2007. Sedangkan meskipun lebih tua, contoh Excel 2007, masih bisa membuka worksheet 2010, namun tentunya tidak seluruh fitur bakal didukung khususnya yang sehubungan dengan database dan koneksi dengan software lainnya. Oleh karena tersebut kami anjurkan untuk para pembaca guna install software MS Excell 2007 ke atas.

Permasalahan AddIns Untuk Pengoperasian Statistik

AddIns ialah aplikasi atau fitur ekstra dalam excel. Ada AddIns yang resmi diciptakan oleh Microsoft dan terdapat yang diciptakan oleh pihak ketiga. Dan secara otomatis AddIns urgen yaitu Data Analysis Toolpak telah ada dalam setiap software Excel, namun perlu digiatkan terlebih dahulu. Baca tulisan kami tentang teknik mengaktifkan AddIns Data Analysis toolpak.

Sedangkan AddIns yang lainnya mengunduh secara cuma-cuma atau beli ke pihak ketiga. Permasalahan yang tidak jarang muncul ialah worksheet berisi rumus untuk memakai AddIns ekstra baik sah dari microsoft atau pihak ketiga. Apabila dimulai oleh Excel tanpa AddIns bersangkutan, maka rumus tidak bakal berjalan bahkan bisa menyebab error. Cara mengatasinya ialah anda me sti menginstall AddIns tersebut.

Baca juga: Tips dan Kendala Agar Skripsi Segera Selesai

Kendala Umum Pada Excel Regional Setting

Permasalahan urgen lainnnya ialah perbedaan regional setting. Regional setting ialah setting atau penataan dasar sistem bahasa pada komputer. Ada komputer yang disetting ke dalam bahasa inggris (US) an terdapat pula ke dalam Bahasa Indonesia. Perbedaan utamanya ialah pada penulisan formula atau formula, yakni pada pemisah dalam formula.

Misal untuk rumus uji pearson product moment, dalam bahasa indonesia anda harus mengetik: =pearson(array_x;array_y). Sedangkan dalam US atau UK anda harus mengetik: =pearson(array_x,array_y). And simaklah secara seksama, ada perbedaan mendasar, yakni pemisah berupa “;” atau semicolon pada Bahasa Indonesia dan pemisah berupa “,” atau comma pada US dan UK.

Jadi andai ada error pada penulisan formula, usahakan kamu lihat dulu regional setting kamu dan ubah andai perlu dengan menyesuaikan pada bahasa yang kamu inginkan. Tetapi bila kamu menginginkan data dalam excel akan dipakai untk copy paste ke dalam data view SPSS, usahakan pakai setting US, maka formulanya yang kamu ubah ke US.

Permasalahan Disable Editing

Saat kamu mendownload file worksheet Excel dari tutorial yang kami berikan, maka secara default atau apa adanya, setting Enable Editing hidup, jadi bila kamu ingin mengolah atau menyaksikan formulanya, maka terlebih dahulu kamu klik tombol di bawah menu, yakni tombol “Enable Editing” sampai tombol itu hilang dan rumus dapat kamu lihat serta di ubah.


skripsimalang.com melayani Jasa Pembuatan Skripsi Malang | Jasa Skripsi Malang | Jasa Olah Data Skripsi Malang

This will close in 20 seconds

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?