Konsep, Cara Membuat, dan Contoh Abstrak Skripsi

Dalam menyelesaikan pendidikan tinggi, salah satu langkah penting yang harus dilakukan oleh mahasiswa adalah menyelesaikan skripsi. Skripsi merupakan karya ilmiah yang menggambarkan hasil penelitian atau kajian yang dilakukan oleh seorang mahasiswa sebagai syarat kelulusan. Bagian yang sangat vital dari sebuah skripsi adalah abstrak. Abstrak merupakan ringkasan singkat yang menggambarkan secara jelas isi dan tujuan dari skripsi tersebut.

Dalam artikel ini, kita akan membahas konsep abstrak, cara membuatnya, dan memberikan beberapa contoh abstrak skripsi untuk memberikan pemahaman yang lebih baik.

Konsep dan Tujuan Skripsi

Skripsi adalah karya ilmiah penting dalam pendidikan tingkat sarjana di Indonesia. Ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk menggali topik tertentu dalam bidang studinya dan menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari. Skripsi tidak hanya sekedar tugas akhir, tetapi juga alat untuk mengeksplorasi minat akademik, memperluas pemahaman, dan mengembangkan keterampilan penelitian dan analisis.

Tujuan utama skripsi adalah mengajak mahasiswa berpikir kritis dan sistematis tentang permasalahan dalam bidang studi yang mereka pilih. Melalui proses penelitian terstruktur, mereka mengembangkan kemampuan analisis, sintesis, dan evaluasi. Skripsi juga mengajarkan cara menyusun laporan ilmiah yang memenuhi standar akademik, membantu mahasiswa menjadi akademisi atau profesional yang terampil dan berkualitas.

Skripsi juga memiliki dampak lebih luas dalam kontribusi terhadap ilmu pengetahuan dan masyarakat. Penelitian dalam skripsi berpotensi memberikan pemahaman mendalam tentang masalah masyarakat dan bidang studi tertentu, serta menyediakan dasar untuk inovasi dan solusi. Ini menjadikan skripsi sebagai bagian integral dalam meningkatkan kualitas kehidupan dan kemajuan sosial-ekonomi suatu bangsa.

Tidak hanya itu, skripsi dibuat untuk menyajikan hasil-hasil temuan riset secara ilmiah. Tujuannya sebagai pengembangan ilmu dan kepentingan yang praktis administrasi negara dan komunikasi. Skripsi memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Merupakan karya ilmiah sehingga diperlukan metode ilmiah dalam penelitiannya.
  • Laporan tertulis dari hasil penelitian mahasiswa terhadap salah satu aspek kehidupan masyarakat maupun makhluk hidup.
  • Hasil penelitian dikaji berdasarkan fenomena yang terdapat di masyarakat dan relevan dengan penelitian-penelitian yang dilaksanakan sebelumnya.
  • dalam bidang pendidikan, karya ilmiah ini ditujukan untuk eksplorasi dan pemecahan masalah pendidikan.
  • Dalam bidang non pendidikan, karya ilmiah ini ditujukan untuk pemecahan masalah keilmuan yang sesuai dengan bidang program studi mahasiswa. 
Baca juga: Ketahui Cara Membuat Abstrak Skripsi yang Benar

Jenis-jenis Skripsi

Skripsi menjadi karya ilmiah terakhir yang menjadi syarat kelulusan mahasiswa. Mahasiswa harus menentukan metode penelitian sehingga dapat membuat rancangan yang tepat. Berikut jenis-jenis skripsi yang harus Anda ketahui:

1. Skripsi Berdasarkan Metode Penelitian

Jenis skripsi berdasarkan metode penelitiannya dikelompokkan menjadi dua jenis, yakni skripsi kuantitatif dan kualitatif.

  • Skripsi Kuantitatif

Skripsi jenis ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam proses pengumpulan dan analisis data. Metode ini mengutamakan penggunaan angka dan statistik untuk menjelaskan fenomena yang diteliti. Contoh teknik yang sering digunakan dalam skripsi kuantitatif adalah survei, eksperimen, dan analisis statistik.

  • Skripsi Kualitatif

Berbeda dengan skripsi kuantitatif, skripsi kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif dan interpretatif dalam pengumpulan dan analisis data. Metode ini lebih menekankan pada pemahaman mendalam tentang persepsi, sikap, dan pengalaman subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dalam skripsi kualitatif antara lain observasi, wawancara, dan analisis konten.

2. Skripsi Berdasarkan Kajian Pustaka

Skripsi kajian pustaka menganalisis berbagai sumber pustaka terkait topik penelitian. Mahasiswa melakukan pencarian, analisis, dan sintesis literatur untuk memahami topik dengan komprehensif. Proses penulisan dimulai dengan identifikasi topik, pencarian literatur relevan, dan analisis teori serta temuan penelitian. Skripsi ini berperan dalam memperluas pemahaman akademik dan memberikan landasan teoritis untuk penelitian dan praktisi di masa depan.

3. Skripsi Berdasarkan Hasil Pengembangan

Skripsi pengembangan memecahkan permasalahan lapangan dengan teori penelitian. Langkah-langkahnya mencakup identifikasi masalah, pengumpulan data, analisis, dan penyusunan solusi praktis. Mahasiswa mengidentifikasi masalah, kumpulkan data, lalu analisis menggunakan teori terkait. Hasilnya adalah solusi praktis yang mempertimbangkan keterbatasan dan dampak sosial. Ini tidak hanya memberikan solusi konkret, tetapi juga mengaplikasikan pengetahuan akademis ke dalam praktik.

Konsep dan Cara Membuat Abstrak Skripsi

Abstrak skripsi adalah gambaran ringkas tentang seluruh isi karya tulis ilmiah, mencakup latar belakang, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan. Lebih dari sekadar ringkasan, abstrak juga membantu penulis untuk tetap fokus pada rencana penelitiannya.

Pembahasan dalam abstrak telah ditetapkan sebelumnya, sehingga isi abstrak tidak melenceng atau menyimpang dari pokok pembahasan. Selain itu, abstrak juga membantu pembaca untuk memahami tujuan dan hasil penelitian yang ingin disampaikan oleh penulis.

Abstrak biasanya memiliki panjang antara 250-300 kata. Pembatasan jumlah kata ini memiliki beberapa tujuan, diantaranya:

  • Memudahkan Pembaca: Abstrak memberikan gambaran singkat kepada pembaca tentang isi karya tulis dalam waktu singkat, sehingga pembaca dapat memutuskan apakah akan membaca karya tersebut atau tidak.
  • Referensi Cepat: Abstrak membantu pembaca untuk dengan cepat menemukan referensi yang tepat sesuai dengan kebutuhan penelitian mereka dalam disiplin ilmu tertentu.
  • Pedoman Pembaca: Abstrak juga menjadi pedoman bagi pembaca untuk memahami informasi, analisis, dan argumen penulis dalam karya ilmiah tersebut.
  • Memori: Abstrak membantu pembaca dalam mengingat poin-poin penting yang disampaikan dalam karya ilmiah.

Meskipun pendek,padat,dan jelas, penulis abstrak tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Berikut adalah tahap-tahap dalam membuat abstrak skripsi:

1. Menulis Latar Belakang

Latar belakang dalam abstrak skripsi penting untuk memberikan gambaran singkat tentang topik penelitian dan mengidentifikasi pentingnya penelitian tersebut. Ini juga membantu merumuskan tujuan penelitian. Misalnya, dalam skripsi tentang dampak perubahan iklim terhadap pertanian lokal, latar belakang dapat merangkum tren perubahan iklim global dan dampaknya pada sektor pertanian lokal serta pentingnya memahami dampak tersebut dalam konteks keberlanjutan lingkungan. Tetaplah menjaga kejelasan, ketepatan, dan kepadatan informasi dalam menyusun latar belakang dalam abstrak.

2. Menerangkan Metode Penelitian

Setelah memaparkan latar belakang,penjelasan metode penelitian diberikan. Ini penting karena metode penelitian mempengaruhi validitas dan reliabilitas hasil. Penjelasan singkat mencakup desain penelitian, populasi, sampel, teknik pengumpulan data, dan alat analisis. Informasi yang mencukupi diberikan untuk memudahkan proses penelitian dan membantu evaluasi kekuatan serta keterbatasan penelitian serta relevansi hasilnya.

3. Memaparkan Hasil Penelitian

Memaparkan hasil penelitian dalam abstrak skripsi penting untuk memberikan gambaran singkat namun informatif. Temuan utama dan pola data yang signifikan perlu disampaikan, tanpa terlalu teknis, agar mudah dipahami pembaca. Kesesuaian antara hasil penelitian dan tujuan penelitian perlu dijaga untuk memahami implikasi temuan secara luas. Dengan menjaga kejelasan, relevansi, dan kesederhanaan, abstrak menjadi alat efektif dalam menyampaikan esensi penelitian.

4. Tulis Kesimpulan pada Abstrak

Kesimpulan pada abstrak adalah penutup penting yang memberikan ringkasan singkat dan padat dari hasil penelitian serta implikasinya. Kesimpulan harus jelas dan menggambarkan inti temuan penelitian, tanpa detail yang berlebihan. Selain merangkum temuan, kesimpulan juga mencakup implikasi praktis dan teoritis penelitian serta arahan untuk penelitian lanjutan. Dengan kesimpulan yang singkat, jelas, dan padat, pembaca akan memahami signifikansi dan implikasi hasil penelitian dengan baik.

5. Sisipkan Kata Kunci

Sisipan kata kunci dalam abstrak penting karena memandu pembaca menemukan isi makalah. Kata kunci yang sesuai mempermudah pencarian di mesin pencari. Kata kunci mencakup istilah-istilah kunci relevan dengan topik penelitian dan harus dipilih dengan hati-hati. Penggunaan variasi kata kunci yang tepat meningkatkan visibilitas dan sitasi makalah. Pemilihan kata kunci harus didasarkan pada pemahaman mendalam tentang topik penelitian dan kebutuhan audiens, karena memengaruhi dampak penelitian dalam dunia akademis dan praktis.

Contoh Abstrak Skripsi

Berikut adalah contoh abstrak skripsi untuk memberikan gambaran tentang berbagai topik dan disiplin ilmu:

Judul Skripsi: “Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendidikan karakter terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan melibatkan dua kelompok kontrol dan perlakuan. Temuan utama menunjukkan bahwa siswa yang menerima pendidikan karakter memiliki peningkatan yang signifikan dalam prestasi belajar dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pentingnya pendidikan karakter dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah dasar.

Baca juga: Kajian Teori: Pengertian, Cara Membuat & Contoh

Kesimpulan

Abstrak skripsi merupakan bagian integral dari sebuah karya ilmiah yang memberikan gambaran singkat tentang penelitian yang dilakukan. Dengan memahami konsep abstrak skripsi dan mengikuti panduan cara membuatnya, penulis dapat menyajikan informasi yang penting secara efektif kepada pembaca. Melalui contoh abstrak skripsi yang telah disediakan, diharapkan pembaca dapat memiliki gambaran yang lebih baik tentang bagaimana menyusun abstrak yang baik dan informatif.

Dapatkan bantuan ahli untuk menyelesaikan tugas akhir Anda dengan Skripsi Malang! Kami menyediakan layanan konsultasi dan bimbingan yang akan membantu Anda menyelesaikan skripsi Anda dengan tepat waktu dan kualitas terbaik. Hubungi admin Skripsi Malang sekarang untuk mendapatkan panduan dari para pakar dalam berbagai bidang. Jangan biarkan masalah akademis menghalangi kesuksesan Anda, percayakan pada Skripsi Malang untuk mendapatkan solusi yang tepat dan efektif.

Penulis: Dona

Open chat
Ribuan mahasiswa telah terbantu dan berhasil lulus. Konsultasikan skripsimu sekarang...