Cara Membuat Kesimpulan yang Baik dan Benar

Kesimpulan dalam sebuah tulisan memiliki peran penting. Ini bukan hanya sekedar ringkasan dari pembahasan sebelumnya, tetapi juga merupakan kesempatan terakhir bagi penulis untuk memengaruhi pembaca. Dalam kesimpulan, penulis dapat menguatkan argumen, menyampaikan pesan utama, dan meninggalkan kesan yang kuat.

Kesimpulan juga memberikan penutup yang memuaskan bagi pembaca dengan merangkum poin-poin kunci secara jelas dan meyakinkan, serta mengarahkan pembaca ke arah yang diinginkan oleh penulis. Karenanya, kesimpulan tidak boleh diabaikan dan harus dirancang dengan hati-hati agar pesan penulis dapat disampaikan dengan efektif kepada pembaca.

Mengapa Kesimpulan Penting?

Kesimpulan adalah salah satu bagian terpenting dalam sebuah tulisan, yang sering kali diabaikan atau dianggap sepele oleh beberapa penulis. Namun, pentingnya kesimpulan tidak dapat dipandang remeh. Berikut adalah alasan mengapa kesimpulan sangat penting dalam sebuah tulisan:

Merangkum Poin-poin Utama

Kesimpulan memungkinkan penulis untuk merangkum semua poin-poin utama yang telah dibahas dalam tulisan. Ini membantu pembaca untuk memperjelas dan mengingat kembali informasi penting yang telah disampaikan. Dengan merangkum poin-poin utama, kesimpulan memberikan gambaran keseluruhan dari apa yang telah dibahas dalam tulisan.

Memberikan Kesan Akhir yang Mendalam

Kesimpulan adalah momen terakhir di mana penulis dapat memengaruhi pembaca. Dengan memberikan kesimpulan yang kuat, penulis dapat meninggalkan kesan yang mendalam pada pembaca. Kesimpulan yang baik dapat membuat pembaca merasa puas dengan membaca tulisan, serta meningkatkan apresiasi mereka terhadap argumen atau ide yang telah disajikan.

Mengarahkan Pembaca ke Tindakan Selanjutnya

Kesimpulan juga merupakan kesempatan bagi penulis untuk mengarahkan pembaca ke tindakan selanjutnya. Ini bisa berupa ajakan untuk bertindak, pertanyaan untuk dipertimbangkan lebih lanjut, atau saran untuk penelitian lanjutan. Dengan mengarahkan pembaca ke tindakan selanjutnya, kesimpulan dapat membantu memastikan bahwa tulisan memiliki dampak yang lebih besar dan relevan dalam konteks yang lebih luas.

Menyediakan Penutup yang Satisfactory

Sebuah kesimpulan yang baik memberikan penutup yang memuaskan bagi pembaca. Ini membantu memperjelas tujuan tulisan dan memberikan rasa penyelesaian bagi pembaca. Tanpa sebuah kesimpulan yang kuat, pembaca mungkin merasa kehilangan atau tidak puas dengan akhir tulisan.

Dengan memahami Pentingnya kesimpulan dalam sebuah tulisan memastikan pesan disampaikan dengan efektif dan memberikan dampak yang diinginkan pada pembaca. Kesimpulan yang kuat merangkum informasi, memberikan makna yang lebih besar, mengarahkan pembaca, menimbulkan pertanyaan pemikiran, serta memberikan kejelasan dan kepuasan.

Baca juga: Konsep, Cara Membuat, dan Contoh Abstrak Skripsi

Ciri-ciri Kesimpulan yang Baik dan Benar

Sebuah kesimpulan yang baik dan benar memiliki ciri-ciri yang dapat membantu memastikan bahwa itu memenuhi tujuannya dengan efektif. Berikut adalah beberapa ciri-ciri utama dari kesimpulan yang baik dan benar:

Sederhana, Singkat, dan Jelas

Ciri-ciri yang pertama adalah harus sederhana, singkat, dan jelas. Di dalamnya merangkum beberapa gagasan atau pertanyaan yang telah lebih dahulu dipaparkan di bagian isi. Penting untuk tidak menguraikan gagasan baru yang tidak disampaikan pada bagian-bagian sebelumnya sehingga tidak menimbulkan kesan multitafsir.

Pesan Dapat Tersampaikan 

Dalam tulisan, penulis bertujuan menyampaikan informasi atau pesan untuk memperluas pengetahuan pembaca. Pesan tersebut bervariasi, dari memperkenalkan fakta baru hingga menyajikan argumen yang meyakinkan. Kesimpulan berperan penting dalam menyampaikan pesan dengan efektif karena merangkum poin-poin penting dan menyoroti pesan utama.

Berisi Intisari dari Tulisan 

intisari merupakan ringkasan yang isinya sama dengan apa yang telah dijelaskan, tetapi menggunakan bahasa sendiri yang telah dikembangkan. Walaupun singkat, jangan sampai ada bagian yang tidak tercantum karena kesimpulan harus memuat seluruh isi teks atau bacaan.

Dimulai dari Hal Khusus Menjadi Hal yang Umum

Memulai dengan menjelaskan ciri khas suatu konsep secara terperinci memungkinkan pembaca memahami aspek-aspek spesifiknya. Contohnya, dalam pembahasan karakteristik kucing, kita dapat membicarakan independensi mereka, kebiasaan menjaga kebersihan, dan cara komunikasi mereka. 

Menggunakan Kosakata Baku

Penggunaan kosakata baku yang sesuai dengan pedoman ejaan bahasa Indonesia. Hal ini akan memastikan kesimpulan yang dibuat dapat dipahami dengan jelas oleh pembaca tanpa memunculkan kebingungan akibat penggunaan frasa di luar standar.

Menghindari istilah yang tidak umum juga merupakan langkah bijak, mengingat bahwa hal itu dapat menimbulkan pertanyaan kontekstual yang tidak diperlukan, yang mungkin mengganggu alur pemahaman keseluruhan dari kesimpulan yang disampaikan.

Dapat Bergabung Kalimat Utama

Kesimpulan, yang merupakan elemen penting dari sebuah paragraf, biasanya ditempatkan di akhir kalimat dan sering kali terkait erat dengan kalimat utama dalam suatu paragraf. Proses penentuan inti dari suatu paragraf dapat dilakukan dengan menggabungkan kalimat utama dengan kalimat terakhir paragraf tersebut, membentuk sebuah kesimpulan yang kokoh dan padu untuk memperkuat pemahaman pembaca terhadap materi yang disampaikan.

Dapat Berupa Hubungan Sebab Akibat atau Akibat Sebab

Hubungan sebab akibat dalam sebuah paragraf dapat menjadi kunci untuk mendapatkan suatu kesimpulan dari teks bacaan, ketika tahu mana hubungan sebab akibat yang terjadi di dalamnya, seseorang tidak akan kesulitan menemukan inti permasalahan yang akan dibahas. 

Dengan memperhatikan ciri-ciri diatas, penulis dapat menciptakan kesimpulan yang kuat, memuaskan, dan efektif yang meninggalkan kesan yang mendalam pada pembaca.

Cara Membuat Kesimpulan yang Baik dan Benar

Membuat kesimpulan yang baik dan benar merupakan langkah penting dalam proses penulisan, presentasi, atau diskusi. Kesimpulan harus mampu merangkum secara efektif pokok-pokok penting yang telah dibahas sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kesimpulan yang baik dan benar:

Baca Kembali Teks 

Membaca ulang teks penting untuk memastikan pemahaman yang mendalam terhadap materi yang disampaikan. Ini membantu identifikasi poin penting, menangkap detail yang terlewat, dan mengevaluasi kejelasan serta koherensi informasi. Proses ini juga memberi kesempatan untuk revisi dan penambahan informasi yang diperlukan. Kesimpulan yang diambil harus didasarkan pada pemahaman menyeluruh terhadap materi yang dibahas.

Catat Ide Pokok dalam Teks

Mencatat ide pokok dalam sebuah teks membantu mengidentifikasi gagasan utama. Peneliti membaca dan memahami isi teks, lalu mencatat gagasan-gagasan utama dengan detail. Ini membantu dalam menyusun kesimpulan dan menyampaikan pesan secara terstruktur kepada pembaca. Langkah ini penting dalam proses penulisan dan penyampaian informasi.

Tidak Menggunakan Kata-kata yang Diulang 

Menghindari pengulangan kata-kata dalam kesimpulan penting dalam penulisan. Kesimpulan harus merangkum ide-ide utama dengan kata-kata baru atau sudut pandang baru. Penulis harus menciptakan sintesis baru dari materi yang dibahas dengan bahasa yang bervariasi. Kesimpulan bisa diperkaya dengan pandangan baru atau saran untuk penelitian lanjutan.

Gunakan Teknik Pengambilan Kesimpulan 

Bagi seorang penulis, banyak teknik yang dapat digunakan sebagai cara membuat kesimpulan atas hasil tulisannya. Metode yang dapat digunakan sebagai cara membuat kesimpulan adalah sebagai berikut.

Metode Deduksi

Metode deduksi adalah cara membuat kesimpulan dengan memperkenalkan permasalahan pada awal tulisan, kemudian merangkumnya, menghubungkan data dengan inti permasalahan, dan menjelaskan implikasi secara teoritis dan praktis. Hal ini bertujuan untuk menarik minat pembaca untuk menelusuri lebih lanjut. Dengan demikian, tulisan dapat menjadi kontribusi yang berharga untuk pengembangan tulisan selanjutnya.

Metode Analogi

Metode Analogi membandingkan gagasan kompleks dengan konsep yang lebih sederhana untuk memudahkan pemahaman. Digunakan dalam penulisan ilmiah seperti skripsi untuk menjelaskan hasil penelitian. Contohnya, dalam studi perubahan iklim, ekosistem bisa dibandingkan dengan mesin, membuat konsep kerentanan ekosistem lebih mudah dipahami. Ini membantu penulis merangkum temuan dengan cara yang lebih familiar dan memperkuat pesan dalam karya ilmiah.

Metode Korelasi

Metode Korelasi menghubungkan konsep-konsep dalam penelitian untuk menyatukan gagasan. Langkah awalnya adalah menyajikan topik, kemudian mencari hubungan sebab-akibat. Tujuannya adalah menguatkan gagasan awal penulisan dan menciptakan kontinuitas dalam penelitian. Metode ini membantu menggambarkan hubungan antara konsep-konsep yang dibahas.

Tuliskan Opini Terkait Permasalahan yang Ada

 Dalam kesimpulan, penulis dapat menyampaikan pendapat pribadi terkait temuan atau fakta yang diperoleh, tetapi harus didasarkan pada data yang ada. Opini tersebut harus memperkuat informasi yang telah disampaikan sebelumnya dan tidak menimbulkan konsep baru. Dalam karya tulis ilmiah, bagian akhir bisa berdasarkan data penelitian atau referensi. Hindari opini yang tidak relevan dengan pembahasan, karena dapat menurunkan bobot tulisan dan kegunaannya bagi pembaca.

Baca juga: Tips Menyusun Kesimpulan yang Relevan dalam Skripsi

Kesimpulan 

Membuat kesimpulan yang kuat adalah kunci untuk menyajikan tulisan dengan baik dan memberikan kesan yang mendalam pada pembaca. Dengan mengingat kembali poin-poin utama, menawarkan perspektif baru atau pemikiran yang mendalam, dan mengarahkan pembaca ke tindakan selanjutnya, penulis dapat memastikan bahwa kesimpulan mereka memiliki dampak yang kuat dan relevan. Jadi, saat menulis kesimpulan Anda berikutnya, pastikan untuk memperhatikan langkah-langkah ini untuk memastikan bahwa tulisan Anda meninggalkan kesan yang tak terlupakan pada pembaca.

Dapatkan bantuan ahli untuk menyelesaikan tugas akhir Anda dengan Skripsi Malang! Kami menyediakan layanan konsultasi dan bimbingan yang akan membantu Anda menyelesaikan skripsi Anda dengan tepat waktu dan kualitas terbaik. Hubungi admin Skripsi Malang sekarang untuk mendapatkan panduan dari para pakar dalam berbagai bidang. Jangan biarkan masalah akademis menghalangi kesuksesan Anda, percayakan pada Skripsi Malang untuk mendapatkan solusi yang tepat dan efektif.

Penulis: Dona

Open chat
Ribuan mahasiswa telah terbantu dan berhasil lulus. Konsultasikan skripsimu sekarang...