Manfaat Penelitian: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Dalam membuat atau menciptakan sebuah karya tulis ilmiah, tentu penulisannya harus memuat berbagai unsur pada karya tulis ilmiah secara lengkap. Dimulai dari judul, pendahuluan, pembahasan, sampai penutup. Di dalam unsur tersebut kembali rinci berbagai unsur atau sub-bab lainnya yang harus ada dan tercantum dalam karya tulis ilmiah. Dalam pendahuluan, memuat unsur latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, batasan penelitian, dan juga manfaat penelitian. Dalam artikel Skripsi Malang ini Anda akan mempelajari manfaat penelitian, definisi, fungsi serta jenisnya.

Pengertian manfaat penelitian

Banyak yang paham bahwa manfaat penelitian biasanya disusun dengan panjang lebar, sama halnya seperti menyusun latar belakang masalah. Akan tetapi ternyata manfaat penelitian tidak sepanjang latar belakang masalah, tetapi juga tidak lebih pendek dari rumusan masalah. Biasanya, manfaat penelitian diisi dengan teliti oleh peneliti karena berhubungan dengan keluaran penelitian di dalam karya tulis ilmiah yang dikerjakan. 

Manfaat penelitian adalah hasil konkret dari upaya intelektual yang melibatkan proses pengumpulan, analisis, dan interpretasi data untuk memperluas pemahaman tentang suatu subjek atau fenomena tertentu. Lebih dari sekedar menghasilkan fakta atau informasi baru, manfaat penelitian juga memberikan kontribusi penting dalam memecahkan masalah yang kompleks dan meningkatkan kualitas hidup manusia. Ini bisa berupa penemuan teknologi baru yang mengubah cara kita bekerja dan berinteraksi, pemahaman mendalam tentang proses alam yang membantu kita melindungi lingkungan.

Selain itu, manfaat penelitian juga dapat mengarah pada inovasi dalam berbagai bidang, dari kesehatan hingga ekonomi. Hasil dari penelitian dapat menjadi dasar untuk pengembangan produk baru, kebijakan publik yang lebih efektif, atau strategi bisnis yang lebih baik. manfaat penelitian juga dibuat untuk membuktikan landasan teori yang sudah disusun di dalam karya tulis ilmiah sehingga manfaat penelitian tersebut dapat berkontribusi dalam mengembangkan pengetahuan di suatu bidang atau studi tertentu.

Setelah mengetahui manfaat penelitian secara umum, Anda juga harus mengetahui bahwa para ahli memiliki pandangan masing-masing mengenai pengertian dari manfaat penelitian. Berikut adalah pengertian manfaat penelitian menurut para ahli.

1. Dr. John Creswell

Manfaat penelitian mencakup kontribusi nyata terhadap pengetahuan dan praktik di bidang yang bersangkutan. Ini dapat berupa pemahaman yang lebih dalam tentang fenomena yang diteliti, pengembangan teori baru, atau aplikasi praktis dari temuan penelitian untuk meningkatkan kondisi manusia.

2. Sugiyono

Manfaat penelitian adalah ata tujuan penelitian yang dibahas dalam hasil penelitian, guna mendapatkan sistem pengetahuan dalam memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah yang sudah dirumuskan di dalam topik penelitian. Informasi yang terdapat di dalam karya tulis ilmiah tersebut harus benar-benar ditulis dan bisa didapatkan oleh pembaca dan manfaat penelitian tersebut benar-benar memiliki kontribusi, baik untuk pribadi maupun bidang atau studi tertentu.

Baca juga: Argumen: Pengertian, Jenis, Struktur & Contoh

Fungsi Adanya Manfaat Penelitian

1. Memfasilitasi Pembelajaran

Salah satu fungsi utama dari manfaat penelitian adalah memfasilitasi pembelajaran yang berkelanjutan dan mendalam di berbagai bidang pengetahuan.  fungsi pembelajaran yang dihadirkan oleh manfaat penelitian juga memberikan kesempatan bagi individu untuk mengasah keterampilan kritis mereka dalam analisis, sintesis, dan evaluasi informasi. Hal ini tidak hanya meningkatkan kapasitas individu dalam menguasai materi tertentu, tetapi juga memperkaya cara pandang dan kemampuan berpikir kritis mereka dalam menghadapi tantangan dan masalah yang kompleks di berbagai bidang kehidupan.

2. Alat Pembukti Kebohongan atau Mendukung Kebenaran

Manfaat penelitian juga mencakup peran penting dalam menyediakan alat pembuktian kebohongan atau mendukung kebenaran. Dalam konteks hukum, misalnya, penelitian forensik dan investigatif memungkinkan penggunaan bukti ilmiah untuk membuktikan atau menyangkal klaim atau tuduhan tertentu. Ini bisa melibatkan analisis DNA, sidik jari, atau penyelidikan kesehatan mental untuk menentukan kredibilitas atau keabsahan suatu pernyataan. Penelitian juga dapat mendukung kebenaran dengan menyediakan bukti empiris yang mendukung suatu klaim atau hipotesis. Misalnya, dalam ilmu pengetahuan alam, eksperimen dan observasi sistematis memungkinkan para ilmuwan untuk mengumpulkan data yang mendukung atau menyangkal suatu teori atau model konseptual. 

3. Memahami Masalah

Adanya manfaat penelitian ini juga dapat membantu masyarakat atau responden untuk menyelesaikan dan bahkan memahami berbagai masalah yang ada di dalam penelitian yang terdapat di dalam karya ilmiah. Lebih lanjut, dengan situasi bahwa masyarakat memahami masalah, maka masyarakat juga mampu meningkatkan kesadarannya terhadap suatu masalah dan pemecahan masalah. Penelitian juga memberikan platform untuk menyelidiki perspektif yang berbeda terkait dengan suatu masalah, termasuk pandangan yang mungkin tidak terlihat atau diabaikan sebelumnya. 

jasa konsultasi skripsi

Jenis manfaat penelitian

Dalam penulisan manfaat penelitian di dalam karya tulis ilmiah, biasanya ada 2 jenis manfaat penelitian yang akan ditulis berdasarkan bagaimana penggunaannya. Menurut Soekidjo (2010), berikut ini adalah tiga jenis manfaat penelitian yang harus dicantumkan di dalam penelitian atau di dalam karya tulis ilmiah.

1. Manfaat Teoritis

Manfaat Teoritis dari hasil penelitian merupakan pilar fundamental dalam memperkaya dan memperluas cakrawala pengetahuan di berbagai bidang ilmu. Penelitian yang berfokus pada manfaat teoritis sering kali mengeksplorasi dan menguji asumsi-asumsi dasar, mengidentifikasi pola-pola atau hubungan-hubungan baru, serta mengembangkan konsep-konsep yang mendalam dalam suatu disiplin ilmu.  Manfaat teoritis juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap evolusi dan pertumbuhan disiplin ilmu tertentu. Dengan membangun dan menguji teori-teori yang ada, penelitian teoritis membuka pintu untuk eksplorasi lebih lanjut dan inovasi dalam bidang studi tersebut. 

2. Manfaat Praktis

Manfaat praktis dari hasil penelitian memainkan peran penting dalam menerjemahkan pengetahuan akademis menjadi solusi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian yang menghasilkan manfaat praktis sering kali berfokus pada pengembangan teknologi baru, inovasi produk, atau metode-metode baru yang dapat meningkatkan efisiensi atau kualitas layanan dalam berbagai industri. Manfaat praktis dari penelitian juga dapat terlihat dalam peningkatan produktivitas atau efisiensi operasional dalam berbagai sektor ekonomi. 

3. Manfaat Kebijakan

Manfaat kebijakan dari hasil penelitian memiliki implikasi yang sangat signifikan dalam proses pengambilan keputusan di tingkat pemerintahan dan organisasi. Penelitian yang menghasilkan manfaat kebijakan menyediakan dasar empiris yang kuat untuk merumuskan kebijakan publik yang efektif dan berkelanjutan dalam berbagai bidang, seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan, atau ekonomi. Manfaat kebijakan dari penelitian juga terlihat dalam kemampuannya untuk membantu menangani tantangan-tantangan kompleks dan mendesak yang dihadapi oleh masyarakat. Dengan memahami secara mendalam tentang akar penyebab suatu masalah dan dampak dari berbagai kebijakan yang mungkin diambil, penelitian memberikan panduan yang berharga bagi pembuat kebijakan untuk mengembangkan strategi yang paling efektif dalam menanggapi isu-isu yang mendesak. 

Baca juga: Apa Itu Skripsi? Tujuan, Jenis dan Tahapan 

Kesimpulan

Manfaat penelitian memiliki peran yang sangat penting dalam kemajuan ilmiah, teknologi, dan kesejahteraan manusia. Dari peningkatan pemahaman terhadap alam semesta hingga penemuan teknologi revolusioner, manfaat penelitian membantu menjelajahi dan memahami dunia di sekitar  dengan lebih baik. 

Lalu jika Anda memiliki kesulitan dalam manfaat penelitian, fungsi serta jenisnya, Skripsi Malang menyediakan layanan konsultasi dengan berbagai mentor profesional di bidangnya.   Hubungi Skripsi Malang sekarang dan konsultasikan kesulitan Anda serta kendala-kendala yang Anda alami. 

Penulis: Diestha

This will close in 20 seconds

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?