Mau bikin Skripsi Kualitatif? Baca dulu Penjelasan Singkat dan Karakteristik Metode Kualitatif

Pasangan dari kualitatif ini yakni kuantitatif yang akan dibahas di lain kesempatan, dalam penelitian kualitatif ini kamu akan mengalami dan melakukan proses pencarian data guna memahami masalah sosial yang diambil pada penelitian yang menyeluruh, dibentuk oleh kata-kata dan diperoleh dari situasi yang natural.

 

Jenis penelitian kualitatif yang dipakai dalam Skripsi ini berkebalikan dengan jenis penelitian kuantitatif yang identik dengan angka-angka selama proses penelitiannya. Nah dalam pengambilan Judul Skripsi ini kamu harus sudah tahu, kamu mau membahas yang kualitatif atau kuantitatif. Kedua jenis penelitian tersebut dipengaruhi oleh jenis objek digunakan di dalam Skripsi. Tujuan dari jenis Penelitian Kualitatif diantaranya menggali informasi secara mendalam, menjawab pertanyaan why, adanya kemungkinan untuk mengungkap hal yang tersirat,mendapatkan suatu hipotesa. Sementara itu penelitian kualitatif yang bisa dipakai untuk Pembuatan Skripsi yaitu, fenomenologi,biografi,etnograsi,grounded theory dan studi kasus.

Ketika menyusun skripsi kualitatif kamu akan mendapati empat metode pengumpulan data yang bisa diterapkan ke skripsi kamu;

Wawancara, adalah suatu metode yang dipakai untuk melakukan pembuktian terhadap suatu informasi yang diperoleh sebelumnya. Ketika wawancara, sangat direkomendasikan untuk mengawalinya dengan pertanyaan yang mudah, dan sebaiknya kamu perlu menghindari pertanyaan multiple choice.

Observasi, pada metode ini kamu akan melakukan pengamatan terhadap suatu objek, tempat, kegiatan, pelaku peristiwa dan waktu. Apabila kamu menggunakan dokumen, data yang akan kamu analisis bisa berupa surat, catatan harian, laporan, foto dsb.

Focus Group Discussion, adalah teknik pengumpulan data yang umum dipakai untuk skripsi kualitatif yang bertujuan untuk menemukan makna dari sebuah teman berdasarkan pemahaman dari sebuah kelompok.

Penelitian Biografi, pada jenis penelitian satu ini kamu akan melakukan studi tentang individu beserta pengalamannya yang dituliskan kembali dengan cara mengumpulkan dokumen dan arsip yang sudah ada. Penelitian fenomologi adalah suatu penelitian yang mencoba menjelaskan makna konsep atau fenomena mengenai pengalaman yang didasari oleh kesadaran yang terjadi pada beberapa individu.

Grounded Theory, bertujuan untuk menemukan suatu teori yang ada kaitannya dengan suatu situasi, dimana individu bisa saling terkait, bertindak atau terlibat dalam suatu proses sebagai respon terhadap suatu peristiwa. Adapun etnografi adalah uraian dan penafsiran suatuu budaya atau sistem kelompok sosial, sedangkan jenis penelitian studi kasus adalah studi yang mengeksplorasi sebuah masalah dengan batasan yang terperinci, memilikki pengambilan data yang mendalam, dan juga memberikan beragam sumber informasi.

Dari penjelasan yang sudah kamu baca diatas, bagaimana sudah bisa menentukan jenis penelitian dan metode penelitian kualitatif? Jika masih belum bisa memahami maka dibawah ini akan disebutkan 5 Karaktertistik Metode Penelitian Kualitatif untuk kamu saja.

  1. Makna

Pada metode penelitian kualitatif fokus pada makna, makna yang diungkap berdasarkan persepsi orang mengenai suatu peristiwa. Misalnya penelitian tentang peran dokter dalam kondisi perang, maka peneliti memusatkan perhatian pada pendapat dokter tentang kondisi dan penyebab pasien yang datang kepadanya. Peneliti mencari informasi dari dokter dan pandangannya tentang keberhasilan dan kegagalan seorang dokter di situasi gawat

  1. Induktif

Metode Penelitian Kualitatif bersifat induktif, pada penelitian kualitatif dimulai dari lapangan yaitu fakta empiris. Peneliti mendatangi sumber informasi dengan mempelajari suatu proses atau penemuan yang terjadi secara natural, menganalisis, mencatat, menafsirkan dan melaporkan serta membuat kesimpulan dari proses yang sudah terjadi.

  1. Proses

Pada metode penelitian kualitatif lebih menekankan pada prosesnya bukan hasil, data dan informas yang dibutuhkan berkenaan dengan pertanyaan what, why, dan how untuk mengungkap proses bukan hasil suatu kegiatan.

  1. Bersifat Deskriptif Analitik

Metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif analitik, data yang didapatkan seperti hasil wawancara, pengamatan, hasil pemotretan, catatan lapangan, analisis dokumen, disusun peneliti di lokasi penelitian, tidak dituangkan dalam bentuk dan angka-angka.

  1. Lokasi benar-benar ada sebagai sumber data

Penelitian kualitatif tidak mungkin bisa dimanipulasi karena lokasi penelitian ada dan tidak bisa direkayasa, peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam suatu situasi sosial adalah kajian utama penelitian kualitatif.

Gimana sudah paham kan? Kalau belum kamu bisa Konsultasi Skripsi di skripsimalang.com