Metode Penelitian Studi Literatur: Pengertian, Tujuan, Langkah

Dalam dunia akademis, Metode Penelitian Studi Literatur menjadi salah satu cara penting untuk memahami suatu topik secara mendalam. Metode ini difokuskan pada analisis dan interpretasi karya-karya literatur yang berkaitan dengan topik yang diteliti. Mari kita eksplorasi lebih lanjut tentang apa itu Metode Penelitian Studi Literatur,tujuan , langkah-langkahnya, dan beberapa contohnya. 

Metode Penelitian Studi Literatur membantu para peneliti untuk memahami topik tertentu dengan lebih baik. Ini dilakukan dengan menyelidiki dan menganalisis berbagai sumber literatur yang relevan. Tujuan utamanya adalah untuk menyusun pemahaman yang komprehensif tentang topik tersebut. Mari kita menjelajahi bersama konsep-konsep yang akan membuka cakrawala baru dalam pemahaman kita tentang Metode Penelitian Studi Literatur.

Apa itu Metode Penelitian Studi Literatur

Metode Penelitian Studi Literatur adalah cara untuk menyelidiki suatu topik dengan menganalisis berbagai karya tulis yang terkait. Dengan metode ini, kita tidak perlu melakukan eksperimen atau survei langsung, melainkan fokus pada kajian mendalam terhadap buku, jurnal, artikel, dan sumber literatur lainnya yang relevan. Ini membantu kita untuk memahami gagasan, teori, dan temuan terbaru dalam bidang yang kita teliti. 

Misalnya, jika kita ingin meneliti tentang dampak teknologi terhadap pendidikan, kita dapat menggunakan metode penelitian studi literatur untuk menganalisis tulisan-tulisan ilmiah terkait yang telah ada, seperti penelitian tentang penggunaan teknologi dalam kelas, evaluasi program pembelajaran online, dan teori-teori pendidikan yang mendukung integrasi teknologi. Dengan demikian, metode ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang topik penelitian tanpa perlu melakukan penelitian primer secara langsung.

Baca juga: Apa Itu Tujuan Penelitian dalam Skripsi

Tujuan Metode Penelitian Studi Literatur

Metode penelitian studi literatur memiliki beberapa tujuan yang penting. Tujuan-tujuan ini membantu peneliti dalam memahami topik secara menyeluruh, serta memperoleh wawasan yang diperlukan untuk pengembangan pengetahuan lebih lanjut. Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang setiap tujuan:

1. Menemukan perkembangan dan tren terbaru dalam bidang studi: 

Metode ini membantu dalam mengidentifikasi informasi terkini mengenai topik penelitian. Dengan memeriksa literatur terbaru, peneliti dapat mengetahui tren yang sedang berkembang, temuan-temuan penting, dan perdebatan terbaru dalam bidang tersebut. Ini membantu dalam menjaga kekinian pengetahuan dan memastikan bahwa penelitian berada di jalur yang relevan.

2. Mengidentifikasi celah pengetahuan yang perlu diteliti lebih lanjut: 

Dalam proses membaca studi literatur, peneliti dapat menemukan area di mana pengetahuan masih terbatas atau belum terselidiki secara memadai. Identifikasi celah ini penting karena bisa menjadi fokus penelitian selanjutnya. Dengan mengetahui di mana kekurangan pengetahuan berada, peneliti dapat merencanakan penelitian yang dapat mengisi kekosongan tersebut.

3. Membangun dasar teoretis yang kuat untuk penelitian selanjutnya:

Studi literatur membantu dalam membangun pemahaman yang kokoh tentang kerangka teoritis yang mendukung topik penelitian. Dengan memahami konsep-konsep kunci, teori-teori yang relevan, dan pendekatan-pendekatan yang telah digunakan sebelumnya, peneliti dapat merancang metodologi penelitian yang sesuai dan merumuskan hipotesis yang kuat.

4. Memvalidasi atau mengonfirmasi temuan penelitian sebelumnya: 

Melalui studi literatur, peneliti dapat memverifikasi temuan penelitian yang telah ada sebelumnya. Ini penting untuk menunjukkan keandalan hasil penelitian dan mengkonfirmasi apakah temuan yang telah dilaporkan dapat direplikasi atau tidak. Validasi temuan sebelumnya juga membantu dalam memperkuat kesimpulan penelitian yang sedang dilakukan.

Dengan demikian, metode penelitian studi literatur memiliki peran penting dalam proses penelitian, membantu peneliti untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif tentang topik yang sedang dipelajari serta memberikan landasan yang kuat untuk penelitian lebih lanjut.

jasa konsultasi skripsi

Langkah-langkah dalam Metode Penelitian Studi Literatur

Tentu, berikut ini adalah langkah-langkah dalam metode penelitian studi literatur yang dijelaskan dengan bahasa yang lebih mudah dipahami dan disertakan dengan kata penghubung:

1. Identifikasi topik penelitian yang spesifik: 

Langkah pertama dalam mengidentifikasi topik penelitian yang spesifik adalah dengan menentukan subjek atau area yang ingin Anda teliti secara cermat. Misalnya, Anda bisa mulai dengan pertanyaan seperti “Apa hal yang ingin saya pelajari secara mendalam?” atau “Apa yang menarik minat saya dalam bidang ini?” Setelah menemukan subjeknya, Anda bisa melangkah ke langkah berikutnya.

2. Pencarian dan seleksi sumber-sumber literatur yang relevan: 

Selanjutnya, carilah sumber-sumber literatur yang berkaitan dengan topik penelitian Anda. Gunakan kata kunci yang sesuai saat mencari informasi, dan seleksi sumber-sumber yang paling relevan dengan fokus penelitian Anda. Anda bisa menggunakan kata penghubung seperti “setelah itu” atau “langkah berikutnya adalah”.

3. Pembacaan dan analisis terhadap informasi yang ditemukan: 

Setelah mengumpulkan sumber-sumber literatur, baca dan analisislah dengan cermat. Pahami isinya dan identifikasi temuan-temuan penting yang berkaitan dengan topik penelitian Anda. Kata penghubung yang tepat untuk digunakan di sini adalah “selanjutnya” atau “kemudian”.

4. Sintesis informasi untuk mengembangkan pemahaman yang komprehensif: 

Terakhir, sintesiskan informasi yang Anda dapatkan dari sumber-sumber literatur tersebut. Gabungkan temuan-temuan tersebut untuk mengembangkan pemahaman yang lebih komprehensif tentang topik penelitian Anda. Gunakan kata penghubung seperti “akhirnya” atau “pada akhirnya”.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini secara sistematis, Anda akan dapat melakukan penelitian studi literatur dengan lebih efektif dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang topik yang Anda teliti.

Contoh Metode Penelitian Studi Literatur

Metode penelitian studi literatur adalah cara untuk memahami topik tertentu dengan menyelidiki teori, temuan, dan hasil penelitian yang sudah ada dalam literatur sebelumnya. Contohnya, bayangkan seorang peneliti yang ingin menyelidiki bagaimana penggunaan teknologi digital memengaruhi cara orang berbelanja. Mereka bisa menggunakan metode studi literatur dengan membaca dan menganalisis artikel, buku, dan penelitian sebelumnya tentang topik tersebut. 

Dengan cara ini, mereka dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang teori-teori yang ada dan temuan-temuan yang telah dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Ini membantu mereka dalam merumuskan pertanyaan penelitian yang relevan dan menemukan kesimpulan yang solid untuk penelitian mereka sendiri. Metode ini sangat bermanfaat karena memungkinkan peneliti untuk membangun pengetahuan baru berdasarkan yang sudah ada dan mengidentifikasi celah penelitian yang perlu dijelajahi lebih lanjut.

Baca juga: Metode Penelitian Menurut Para Ahli, Manfaat, dan jenisnya

Kesimpulan 

Secara keseluruhan, Metode Penelitian Studi Literatur adalah pendekatan yang kuat dalam penelitian akademis. Metode ini memungkinkan para peneliti untuk memahami, menganalisis, dan menafsirkan karya-karya tulis yang relevan dengan topik penelitian mereka. Dengan langkah-langkah yang terstruktur dan tujuan yang jelas, metode ini membuka pintu untuk pemahaman yang lebih mendalam dan penemuan-penemuan berharga dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan. Dengan demikian, penelitian studi literatur adalah alat yang sangat berguna bagi para peneliti dalam mengeksplorasi berbagai topik dan mendapatkan wawasan yang lebih luas.

Jangan biarkan kerumitan Metode Penelitian Studi Literatur menghambat langkah Anda dalam menulis skripsi yang berkualitas. Hubungi admin Skripsi Malang sekarang juga untuk mendapatkan konsultasi ahli dalam mengaplikasikan pengertian, langkah-langkah, dan contoh konkret dalam penelitian Anda!

Penulis: Andrea

This will close in 20 seconds

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?