Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Tujuan, dan jenisnya

Dalam kegiatan penelitian ilmiah, para peneliti menggunakan dua metode penelitian yaitu metode kualitatif dan metode kualitatif. Meskipun keduanya digunakan, ,metode kuantitatif lebih banyak dipilih daripada metode kualitatif. Dalam kata lain, metode penelitian kuantitatif lebih populer daripada metode penelitian kualitatif.

Namun, metode kuantitatif yang fokus pada hipotesis-deduktif memiliki keterbatasan dalam mengatasi permasalahan yang diteliti. Oleh karena itu, diperlukan metode alternatif yang bisa menjawab pertanyaan atau pernyataan yang tidak bisa dijawab dengan metode kuantitatif. Metode alternatif itu adalah metode kualitatif. Lalu apakah Anda paham apa itu metode penelitian kualitatif, tujuan, dan juga jenisnya? Untuk membantu Anda untuk lebih memahami tentang penelitian metode kualitatif Skripsi Malang akan membantu anda agar lebih paham tentang metode penelitian kualitatif ini.

Apa itu Metode Penelitian Kualitatif?

Pengertian Metode Penelitian Kualitatif melibatkan pendekatan yang mendalam dan deskriptif dalam memahami fenomena yang diteliti. Berbeda dengan metode penelitian kuantitatif yang cenderung mengukur fenomena dengan angka dan statistik, pendekatan kualitatif menekankan pada interpretasi dan pemahaman yang lebih dalam terhadap konteks yang kompleks. Dalam metode ini , peneliti fokus pada keunikan kasus dan konteks yang menjadi fokus penelitian serta menggali makna dan interpretasi dari data yang diperoleh. 

Baca juga: Apa Itu Skripsi? Tujuan, Jenis dan Tahapan 

Pengertian Penelitian Kualitatif Menurut Ahli

Berikut adalah beberapa pengertian menurut para ahli:

  • Denzin dan Lincoln (2000)

Menyatakan bahwa penelitian kualitatif adalah sebuah upaya untuk memahami fenomena sosial, budaya, dan juga sejarah melalui pemahaman mendalam terhadap interpretasi subjektif, konteks, dan kompleksitas yang melekat dalam situasi yang diteliti.

  • Creswell (2014)

Penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan untuk memahami dan juga menjelaskan makna dari pengalaman hidup individu atau kelompok tertentu. Sebuah penelitian yang menggunakan prosedur-prosedur inkuiri dan analisis interpretatif untuk mengeksplorasi makna dibalik fenomena sosial tertentu.

  • Patton (2002)

Penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan dalam ilmu pengetahuan yang bertujuan untuk memahami makna yang terkandung dalam pengalaman manusia.

Penelitian yang menghasilkan data yang terdiri dari kata-kata tertulis maupun lisan, gambar, dan objek yang diamati, dengan tujuan untuk menghasilkan pemahaman yang lebih dalam tentang fenomena sosial yang diteliti.

jasa konsultasi skripsi

Tujuan Metode penelitian kualitatif

Tujuan Metode Penelitian Kualitatif melampaui sekadar pengumpulan data dan analisisnya. Salah satu tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang fenomena yang diteliti. Dalam hal ini, pendekatan kualitatif memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi aspek-aspek yang kompleks dan kontekstual dari suatu topik, yang mungkin tidak terungkap melalui metode penelitian lain yang lebih terfokus pada pengukuran kuantitatif. Dengan mendapatkan pemahaman yang mendalam, peneliti bisa menghasilkan wawasan yang lebih banyak akan makna dan interpretasi dari fenomena yang diteliti.

Tujuan metode penelitian kualitatif juga termasuk dalam memahami perspektif dan pengalaman subjek penelitian secara holistik. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk melihat fenomena dari sudut pandang yang berbeda-beda, dengan mengakomodasi keberagaman pengalaman dan interpretasi dari subjek yang terlibat. Dengan ini, penelitian kualitatif memberikan kesempatan untuk mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang dinamika sosial, budaya dan juga kontekstual yang mempengaruhi fenomena yang diteliti.

Jenis-jenis metode penelitian kualitatif

Ada berbagai jenis Metode Penelitian Kualitatif yang digunakan dalam penelitian ilmiah untuk menggali pemahaman yang mendalam tentang fenomena yang diteliti. 

1. Studi Kasus

Studi Kasus merupakan jenis Metode Penelitian Kualitatif yang menggali pemahaman mendalam tentang satu kasus atau beberapa kasus yang serupa. Melalui pengumpulan data yang komprehensif, seperti wawancara mendalam, observasi langsung, dan analisis dokumen, peneliti dapat memahami konteks, faktor-faktor, dan dinamika yang terlibat dalam kasus yang diteliti. 

Studi Kasus juga memungkinkan peneliti untuk memahami implikasi praktis dari teori atau konsep yang ada dalam konteks kasus yang nyata. Dengan menganalisis kasus-kasus yang spesifik, peneliti dapat mengidentifikasi pola, trend, dan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil atau peristiwa yang diamati. 

2. Etnografi

Etnografi adalah jenis Metode Penelitian Kualitatif yang melibatkan observasi partisipatif dan interaksi langsung dengan subjek penelitian dalam konteks budaya atau sosial mereka. Dalam praktiknya, peneliti menjadi anggota aktif dalam komunitas atau lingkungan yang mereka teliti, mengamati, berpartisipasi, dan mendokumentasikan kegiatan serta pola interaksi yang terjadi. 

Etnografi juga sering digunakan untuk mengungkapkan perubahan budaya dan sosial yang terjadi dalam masyarakat seiring waktu. Dengan melakukan studi yang berkelanjutan dan terlibat dalam kehidupan sehari-hari subjek penelitian, peneliti etnografi dapat menangkap evolusi dan adaptasi budaya serta dinamika yang berkembang dalam masyarakat. 

3. Fenomenologi

Fenomenologi merupakan pendekatan Metode Penelitian Kualitatif yang menekankan pada pemahaman mendalam terhadap pengalaman subjek penelitian. Dalam fenomenologi, peneliti berusaha untuk memahami esensi atau makna subjektif dari fenomena yang diteliti, dengan menempatkan pengalaman individu sebagai fokus analisis utama. 

Fenomenologi menekankan pada deskripsi yang detail dan analisis yang mendalam terhadap pengalaman subjek, tanpa terpengaruh oleh interpretasi teori atau asumsi sebelumnya. Fenomenologi juga memungkinkan peneliti untuk menggali tema-tema umum atau esensial yang muncul dari berbagai pengalaman individu, sehingga memungkinkan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih luas tentang fenomena yang diteliti. 

4.  Studi Dokumen

Studi Dokumen merupakan salah satu jenis Metode Penelitian Kualitatif yang melibatkan analisis dokumen atau materi tertulis sebagai sumber data utama. Materi yang dapat dijadikan objek studi dokumen bisa berupa dokumen sejarah, kebijakan pemerintah, laporan tahunan perusahaan, jurnal, surat kabar, buku, dan berbagai bentuk materi tertulis lainnya. 

Studi dokumen juga memungkinkan peneliti untuk melihat fenomena atau isu dari sudut pandang yang berbeda, terutama jika data yang tersedia berasal dari sumber-sumber yang beragam. Dengan memanfaatkan sumber data tertulis yang beragam, peneliti dapat mengkaji fenomena atau isu secara komprehensif, mengidentifikasi kesenjangan dalam literatur, serta mengembangkan pemahaman yang lebih luas dan mendalam tentang topik yang diteliti. 

5.  Observasi Alami

Observasi alami adalah metode penelitian kualitatif yang melibatkan pengamatan langsung terhadap perilaku dan interaksi individu atau kelompok dalam konteks alamiah mereka. Dalam observasi alami, peneliti menjadi pengamat pasif yang mencatat secara sistematis apa yang mereka lihat tanpa campur tangan atau mengubah situasi yang diamati. 

Observasi alami juga memungkinkan peneliti untuk mendapatkan perspektif yang berbeda-beda dari yang didapat melalui metode penelitian lainnya, seperti wawancara atau kuesioner. Dengan menjadi pengamat yang pasif, peneliti dapat melihat perilaku dan interaksi yang mungkin tidak terungkap melalui pertanyaan langsung kepada subjek penelitian. 

Baca juga: Metode Penelitian Studi Literatur: Pengertian, Tujuan, Langkah

Kesimpulan

Penelitian kualitatif merupakan metode penelitian yang fokus pada pemahaman mendalam tentang fenomena yang diteliti melalui interpretasi dan analisis data yang bersifat deskriptif. Penelitian kualitatif berbeda dengan penelitian kuantitatif yang lebih menekankan pada pengukuran dan generalisasi.

Lalu jika Anda memiliki kesulitan dalam memahami tentang metode penelitian kualitatif, tujuan, dan juga jenis nya, Skripsi Malang menyediakan layanan konsultasi dengan berbagai mentor profesional di bidangnya.  Hubungi Skripsi Malang sekarang dan konsultasikan kendala-kendala yang kamu alami. 

Penulis: Diestha

This will close in 20 seconds

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?