Pengertian Uji One Way Anova

Pengertian Uji ANOVA

skripsimalang.com akan membahas mengenai Uji Anova, agar seseorang bisa memahami dengan baik Uji Anova maka Anda perlu mengetahui pengertian Uji Anova. Anova adalah singkata dari analysis of varian, merupakan salah satu uji komparatif dan dipakai untuk menguji perbedaan mean (rata-rata) data lebih dari dua kelompok. Misal, Anda ingin mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata IQ antara siswa SMA kelas X,XI,XII. Ada dua jenis Anova, yaituu analisis one way anova dan analisis two ways anova. Pada artikel ini akan dibahas analisis varian satu faktor.

Asumsi Uji ANOVA

Untuk melakukan uji Anova, harus dipenuhi beberapa asumsi, yaitu:

  1. Sampel bersumber dari kelompok independen
  2. Varian antar kelompok harus homogen.
  3. Data masing-masing kelompok berdistribusi normal (Pelajari juga tentang uji normalitas).

Asumsi pertama yang harus terpenuhi pada saat pengambilan sampel yang dilaksanakan secara acak terhadap beberapa (>2) kelompok independen, yang mana nilai pada satu kelompok tidak tergantung pada nilai di kelompok lain. Sementara itu untuk memenuhi asumsi kedua dan ketiga dapat dilihat jika data sudah dimasukkan ke komputer. Apabila asumsi ini tidak terpenuhi maka bisa dilakukan transformasi terhadap data. Jika proses transformasi ternyata tidak bisa memnuhi asumsi maka uji anova tidak valid untuk dilakukan, sehingga harus menggunakan uji non-parametrik misalnya Kruskal Wallis.

contoh uji anova,rumus uji anova,uji anova dengan spss,syarat uji anova,contoh soal uji anova,uji anova satu arah,uji anova pdf,kelebihan dan kekurangan uji anova,jasa skripsi malang

Prinsip ANOVA

Prinsip Uji Anova adalah melakukan analisis variabilitas data menjadi dua sumber variasi yaitu variasi di dalam kelompok (within) dan variasi antar kelompok (between). Bila variasi within dan between sama (nilai perbandingan kedua varian mendekati angka satu), maka berarti tidak ada perbedaan efek dari intervensi yang dilakukan, dengan kata lain nilai mean yang dibandingkan tidak ada perbedaan.

Sebaliknya bila variasi antar kelompok lebih besar dari variasi didalam kelompok, artinya intervensi tersebut memberikan efek yang berbeda, dengan kata lain nilai mean yang dibandingkan menunjukkan adanya perbedaan. Setelah kita pahami sedikit tentang One Way Anova, maka mari kita lanjutkan dengan mempelajari bagaimana melakukan uji One Way Anova dengan SPSS.

This will close in 20 seconds

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?