5 Peluang Kerja Jurusan Bisnis Internasional

Peluang Kerja Kuliah di Jurusan Bisnis Internasional

skripsimalang.com – Sebelum membahas prospek kerja kuliah jurusan bisnis Internasional, ada baiknya kamu menyimak beberapa paragraf berikut ini mengenai definisi bisnis internasional dan mata kuliahnya sebagai gambaran buat kamu sebelum membuat keputusan.

Program studi Bisnis Internasional terbilang baru di beberapa Perguruan Tinggi dan minat dari mahasiswa belum cukup ramai seperti di prodi lainnya.

Dalam Prodi Bisnis Internasional, kamu akan mempelajari tentang beragam hal yang berhubungan dengan bisnis yang bersifat internasional. Bagi kamu yang ingin memilikki karir Internasional maka bisnis Internasional bisa menjadi salah satu pilihan, untuk mewujudkan cita-cita dan asa kamu.

Sementara itu, program studi Bisnis Internasional di negara lain seperti Eropa dan Amerika prodi tersebut menjadi salah satu yang favorit dari mahasiswa disana, karena peluang dan tantangan kerja yang cukup menarik.

Selain itu kamu juga harus memenuhi beberapa karakter yang sesuai dengan jurusan Bisnis Internasional, supaya selama kuliah maupun ketika bekerja kamu lebih maksimal. Nah kira-kira kamu sudah punya karakter ini belum?
1) Kamu harus tekun; 2) Kamu harus kritis; 3) Kamu harus rasional; 4) Kamu harus observan; 5) Kamu harus independen; 6) Kamu harus senang berhitung; 7) Kamu harus berwawasan luas; 8) Kamu harus senang menganalisis; 9) Kamu harus senang melakukan riset; 10) Kamu harus punya keterampilan komunikasi (bisa diasah); 11) Kamu harus punya keterampilan interpesonal (bisa belajar); 12) Kamu harus senang memecahkan masalah; 13) Kamu harus bisa bekerjasama dengan tim (latihan dulu gih).

Bagaimana dengan peluang kamu nanti setelah lulus dari program studi bisnis internasional? Peluangnya sangat cemerlang, kamu bisa bergabung di berbagai perusahaan multinasional, perusahaan investasi, organisasi internasional, dan perusahaan ekspor-impor yang banyak tersebar di wilayah Indonesia terutama yang dekat dengan pelabuhan. Indonesia juga sudah pasti ikut dalam Masyarakat Ekonomi Asia, persaingan bisnis antar negara tidak bisa ditolak lagi. Oleh sebab itu diperlukan adanya para ahli bisnis yang mumpuni tidak hanya di bidang pengetahuan mengenai bisnisnya saja, tapi juga isu-isu internasional yang berkembang dan mempengaruhi jalannya suatu bisnis.

Sedangkan profesi dan karir dari lulusan bisnis internasional bisa kamu lihat berikut ini; 1) Perencana Bisnis Berkelanjutan; 2) Penjualan Retail; 3) Analisis RIset Pasar dan Spesialis Pemasaran; 4) Ekonom; 5) Pengajar Bisnis (Dosen,Trainer,Pembicara); 6) Analis Manajemen Bisnis; 7) Manajer Pembelian; 8) Pengajar Ekonomi (Guru, Dosen); 9) Ahli Logistik; 10) Analis Logistik. Jadi ada 10 profesi dan karir yang bisa kamu pilih satu atau dijadikan pengalaman dalam bekerja.

Kemudian kamu juga bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai Prospek Kerja Jurusan Bisnis Internasional berdasarkan perusahaan diantaranya;

1. Perusahaan Ekspor-Impor
Perusahan ini sudah banyak di Indonesia, semakin banyak melakukan transaksi jadi kamu bisa mengirimkan resume untuk melamar sebagai pegawai khusus yang menangani ekspor-impor perusahaan tersebut.

2. Perusahaan Modal Ventura
Jadi perusahaan ini sebenarnya hampir sama dengan perusahaan investasi, hanya saja ada perbedaan yaitu perusahaan modal ventura ini perusahaan yang menyediakan modal untuk perusahaan lainnya. Sementara perusahaan investasi lebih sebagai pihak perantara.

3. Organisasi Internasional
Organisasi internassional merupakan organisasi yang diciptakan oleh masyarakat internasional bertujuan melaksanakan kepentingan bersama-sama, dan kecenderungannya non profit. Kamu bisa join dan menjadi salah satu bagian dari organisasi tersebut, meskipun non profit setiap anggota pengelola yang sudah dibentuk tetap memperoleh gaji serta pendapatan.

4. Perusahaan Investasi
Kamu pasti sudah tahu kallau Indonesia semakin terbuka, dan salah satunya terhadap penanam modal asing. Bahkan sekarang ini negara-negara berkembang secara tidak langsung berkompetisi agar memeperoleeh investasi asing dari perusahaan di negara maju. Perusahaan penanam modal asing inilah yang akhirnya mengatur penanaman modal asing dari suatu pihak untuk pihak lain. Para lulusan bisnis internasional juga akan memilikki keterampilan dan pengetahuan di bidang investasi, obligasi, saham dll.

5. Perusahaan Multinasional
Perusahaan yang bergerak di banyak negara dan kecenderungannya merupakan perusahaan yang sangat besar. Di negara kita semakin banyak jumlah perusahaan yang bersifat multinasional akan memerlukan kemampuan dari para lululusan bisnis internasional misalnya untuk memahami tentang exim, dapat bekerja dan berdaptasi dengan kulltur perusahaan dsb.

Bagaimana sudah tahu sekarang prospek kerja dan karir yang mungkin bisa kamu jalani, jika kamu beruntung dengan menguasai dan memahami 2 bahasa asing seperti bahasa Inggris dan Mandarin saja, sebenarnya kamu sudah punya peluang untuk bekerja di   perusahaan exim.

Jadi itulah artikel yang bisa dirangkum oleh skripsimalang.com untuk kamu, semoga pengetahuan dan wawasanmu semakin luas dan bertambah.