Tips Mencari Sumber Permasalahan Pada Pembuatan Skripsi

skripsimalang.com – Sebuah skripsi tanpa adanya permasalahan tidak akan pernah menjadi laporan skripsi, di dalam sebuah skripsi isinya adalah sebuah solusi pada sebuah permasalahan yang diambil dan terjadi di sekitar.

Selain itu untuk bisa mendapatkan dan menentukan permasalahan yang sesuai dengan bidang studi atau jurusan yang kamu ambil, skripsimalang.com mengutip “upaya untuk melakukan pencarian dan pendataan masalah-masalah yang akan dibahas dapat dilakukan dari sumber-sumber masalah (Purwanto, 2008)” diantaranya:

Tips Mencari Sumber Permasalahan skripsimalang.com
Tips Mencari Sumber Permasalahan skripsimalang.com

1. Laporan Penelitian
Saat kamu ingin mencari ide permasalahan dalam sebuah buku laporan hasil penelitian, adalah dengan membaca latar belakang masalah kemudian yang berikutnya adalah bagian kesimpulan, di bagian akhir ini kamu bisa mendapatkan saran ide dari penulis laporan penelitian yang bisa dikembangkan dan dilanjutkan.
2. Pengamatan di Lapangan
Kamu bisa melakukan pengamatan, pengamatan ini bisa berlangsung saat kamu melakukan wisata, jalan-jalan dan sekitar kampus kamu. Jadilah orang yang paling peka.
3. Pengalaman Pribadi
Seringlah berdiskusi dengan setiap orang dari berbagai profesi dan pekerjaan, agar kamu bisa mendapatkan wawasan baru yang mungkin saja sesuai dengan yang kamu cari.
4. Seminar, Lokakarya dan Konferensi
Kamu bisa ikut seminar, lokakarya dan konferensi yang sesuai dengan bidang studi atau jurusan kamu, dari kegiatan tersebut kamu bisa mendapatkan wawasan baru yang terkait dengan fenomena-fenomena yang terjadi saat itu, dan bisa dimasukkan ke dalam sebuah penelitian.
5. Pernyataan Pemegang Otoritas
6. Pertimbangan Pribadi
Setelah kamu menemukan beberapa macam sumber masalah, maka kamu bisa memastikan masalah yang mana bisa kamu lanjutkan sebagai cikal bakal skripsi kamu selanjutnya. Jika boleh skripsimalang.com ingin memberitahumu ada tiga kesalahan yang sering kamu lakukan dianataranya:
6.a) Permasalahan yang diambil terkadang bukan dari akar masalah yang sesungguhnya
6.b) Permasalahan yang akan diselesaikan ternyata tidak selaras dengan kemampuan peneliti dalam pemahaman dan penguasaan teori, tenaga, waktu dan uang.
6.c) Faktor pendukung yang ada tidak sesuai dengan permasalahan yang akan diselesaikan
Karena ada kesalahan yang sudah disebutkan, maka seharusnya dalam penelitian harus ada beberapa poin diantaranya:
6.d) Pertimbangan Ilmiah
6.e) Pertimbangan Non Ilmiah
6.f) Pertimbangan Peneliti

Dari penjabaran diatas kamu setidaknya sudah bisa mendapatkan gambaran singkat mengenai tindakan apa yang harus kamu lakukan, karena membuat skripsi tidak hanya modal nilai bagus dekat dengan dosen dan punya banyak teman. Membuat skripsi harus bisa memahami teori yang diplajari selama kuliah, dan hal-hal yang hanya bisa dipelajari dengan praktek diluar kampus.