Abstrak skripsi: Pengertian, Tujuan, Unsur dan Contoh

Tentunya kamu pernah mendengar istilah “Abstrak skripsi” saat kuliah, kan? Nah, kali ini akan coba bahas apa sebenarnya yang dimaksud dengan Abstrak skripsi. Abstrak itu seperti ringkasan singkat yang memberi gambaran tentang apa yang kamu tulis dalam skripsi Anda. Tujuannya supaya pembaca bisa langsung paham tentang isi skripsi Anda tanpa harus baca semuanya. Jadi, abstrak ini penting banget!

Selama kita bahas Abstrak skripsi, kita akan menjelajahi beberapa hal menarik mengenai pengertiannya, tujuannya, apa saja yang biasanya ada di dalamnya, dan membahas beberapa contoh-contoh agar semakin memahami apa itu abstrak skripsi. Jadi persiapkan diri Anda untuk menambah pengetahuan tentang bagian penting ini dalam penulisan skripsi!

Kita bisa mulai dengan langkah pertama, yaitu memahami pengertian apa itu abstrak dan kenapa abstrak skripsi itu penting.

jasa skripsi malang

Pengertian Abstrak Skripsi

Abstrak skripsi itu seperti ringkasan dari seluruh skripsi. Bayangkan seperti cuplikan singkat yang mencakup semua hal penting di dalamnya. Misalnya, di abstrak itu akan disebutkan tentang topiknya, tujuannya, bagaimana cara penelitian dilakukan, hasilnya, dan kesimpulannya. Ketika seseorang membaca abstrak, mereka bisa langsung mendapatkan gambaran tentang apa yang akan mereka temukan di dalam skripsi.

Ketika menulis abstrak skripsi, penting untuk memilih kata-kata dengan hati-hati. Tujuannya adalah agar semua informasi penting tentang penelitian itu bisa disampaikan dengan jelas dan akurat dalam sedikit kata. Jadi, kamu harus memilih kata-kata yang mewakili inti dari skripsi tanpa harus menjelaskannya terlalu detail. Bayangkan seperti membuat ringkasan untuk film yang kamu tonton, kamu ingin menyebutkan poin-poin utama tanpa memberikan terlalu banyak detail.

Jadi, intinya abstrak skripsi adalah seperti pintu gerbang bagi orang-orang yang ingin memahami penelitian Anda tanpa harus membaca seluruh skripsinya. Ini membantu pembaca untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang kamu teliti dan hasil yang kamu dapatkan tanpa harus menyelami setiap halaman skripsi itu sendiri. Oleh karena itu, penting untuk menulis abstrak dengan jelas dan singkat agar pembaca bisa memahami dengan mudah apa yang kamu pelajari dan temukan.

Baca juga : Strategi Terbaik: Memilih Metode Analisis Data untuk Skripsi

Tujuan Abstrak Skripsi

Abstrak dalam skripsi adalah seperti ringkasan cepat tentang apa yang Anda temukan dalam penelitian Anda. Ini memberi orang gambaran singkat tentang apa yang Anda pelajari, bagaimana cara kita melakukannya, dan hasilnya. Bayangkan saja sebagai pintu masuk ke dunia penelitian Anda, memberi orang sekilas tentang apa yang mereka akan temui jika mereka mau membaca lebih lanjut.

Jadi, mengapa abstrak itu penting? Pikirkan saja jika ada yang ingin tahu tentang topik yang Anda teliti. Mereka mungkin tidak punya waktu atau minat untuk membaca skripsi Anda sepenuhnya. Nah, abstrak datang untuk menyelamatkan! Ini memberi mereka ringkasan tanpa perlu membaca semuanya. Jadi, bisa dibilang abstrak itu adalah cara mudah untuk menjelaskan penelitian kita kepada orang-orang yang penasaran.

Jadi, intinya, abstrak adalah cara untuk memberikan gambaran singkat tentang penelitian kita kepada orang lain tanpa harus membaca semuanya. Ini penting bagi siapa saja yang ingin tahu tentang apa yang kita lakukan tanpa harus menggali terlalu dalam.

Unsur-unsur Abstrak Skripsi

Abstrak skripsi biasanya terdiri dari beberapa unsur penting, termasuk latar belakang masalah, tujuan penelitian, metodologi, temuan utama, dan kesimpulan. Setiap unsur ini memberikan kontribusi yang berharga dalam menyajikan gambaran menyeluruh tentang skripsi kepada pembaca.

1. Latar Belakang Masalah:

Untuk memahami pentingnya penelitian ini, latar belakang masalah menjadi fokus utama. Dalam konteks yang terus berubah, penelitian tentang topik telah menjadi semakin relevan. Dengan meningkatnya faktor-faktor terkait, kebutuhan akan pemahaman mendalam tentang topik menjadi semakin mendesak.

jasa skripsi malang

2. Tujuan Penelitian:

Dengan mempertimbangkan latar belakang masalah tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk tujuan penelitian. Melalui pendekatan yang sistematis dan analisis yang cermat, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih baik tentang [topik] serta kontribusi terhadap pemecahan masalah yang relevan.

3. Metodologi:

Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, metodologi penelitian yang tepat sangat penting. Dengan menggunakan metode-metode, penelitian ini mengumpulkan data dari sumber-sumber data dan menganalisisnya dengan metode analisis. Pendekatan ini memastikan keakuratan dan keandalan temuan yang dihasilkan.

4. Temuan Utama:

Analisis data yang teliti menghasilkan temuan-temuan signifikan. Temuan utama mencakup temuan-temuan utama, yang memberikan wawasan mendalam tentang topik dan implikasinya dalam konteks yang lebih luas. Temuan ini memberikan kontribusi penting terhadap pemahaman kita tentang topik dan relevansinya dengan bidang atau area terkait.

5. Kesimpulan:

Merangkum temuan utama, kesimpulan penelitian ini menyoroti implikasi praktis dan teoretisnya. Dengan memperjelas aspek-aspek tertentu, penelitian ini memberikan landasan yang kuat untuk tindakan lanjutan dalam [domain/area] terkait. Kesimpulan ini tidak hanya menegaskan kontribusi penelitian, tetapi juga memberikan arahan untuk penelitian dan praktik masa depan.

Dengan menjelaskan secara terperinci setiap bagian penting dalam abstrak skripsi, pembaca akan dapat dengan jelas memahami pokok dari penelitian yang dilakukan serta relevansinya dengan situasi yang lebih umum.

Contoh Abstrak Skripsi

Berikut adalah contoh abstrak skripsi tentang “Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesejahteraan Mental Remaja”:

Latar Belakang:

Pada era digital ini, penggunaan media sosial semakin merajalela di kalangan remaja. Fenomena ini menimbulkan kekhawatiran terkait dampaknya terhadap kesejahteraan mental mereka.

Tujuan Penelitian:

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak penggunaan media sosial terhadap kesejahteraan mental remaja.

Metodologi:

Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan wawancara terhadap sejumlah remaja dari berbagai latar belakang.

Temuan Utama:

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara penggunaan media sosial dengan kesejahteraan mental remaja. Penggunaan yang berlebihan cenderung berdampak negatif terhadap aspek-aspek kesejahteraan mental, seperti tingkat stres dan harga diri.

Kesimpulan:

Kesimpulan dari penelitian ini menyoroti pentingnya kesadaran akan dampak negatif penggunaan media sosial pada kesejahteraan mental remaja. Perlu adanya upaya untuk mengedukasi remaja tentang penggunaan yang sehat dan bertanggung jawab terhadap media sosial.

Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman kita tentang bagaimana media sosial memengaruhi kesejahteraan mental remaja dan mendorong upaya-upaya untuk mengurangi dampak negatifnya.

Baca juga : Tips mengerjakan bab 4 skripsi

Kesimpulan

Abstrak skripsi adalah bagian penting dari penulisan skripsi yang membantu menyajikan informasi secara singkat namun jelas. Dalam artikel ini, kita telah membahas apa itu abstrak, mengapa penting, apa saja unsur-unsurnya, dan memberikan contoh konkret. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang hal ini, diharapkan pembaca bisa lebih baik dalam menulis dan menyajikan skripsi mereka. Jangan ragu untuk terus mengeksplorasi dan mendalami topik ini lebih lanjut!

Jika ingin tahu lebih banyak, silakan baca artikel lengkapnya di sini. Dan jika ada pertanyaan atau butuh bantuan dalam menulis skripsi, jangan ragu untuk menghubungi Admin Skripsi Malang. Kami siap membantu Anda mencapai kesuksesan dalam penelitian Anda!

Open chat
Ribuan mahasiswa telah terbantu dan berhasil lulus. Konsultasikan skripsimu sekarang...