Apa itu Batasan Masalah Skripsi Contoh dan Langkah

Apakah Anda sering merasa bingung saat menentukan batasan masalah skripsi? Bagi banyak mahasiswa, memahami konsep batasan masalah skripsi bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan membahas secara komprehensif tentang apa itu batasan masalah skripsi, lengkap dengan contoh dan langkah-langkahnya.

Bersiaplah untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang hal ini! Sekarang, mari kita jelajahi bersama-sama apa yang sebenarnya dimaksud dengan batasan masalah skripsi, serta bagaimana hal itu bisa menjadi landasan yang kokoh bagi penelitian Anda. Dengan pemahaman yang jelas, Anda akan lebih percaya diri dalam merumuskan batasan masalah skripsi yang tepat dan relevan. Langsung saja, mari kita mulai!

jasa skripsi malang

Pengertian Batasan Masalah Skripsi

Batasan masalah dalam skripsi adalah seperti memasang pagar di sekitar halaman rumahmu. Ini membantu Anda fokus pada hal penting dalam penelitian Anda. Misalnya, jika skripsimu tentang polusi udara, Anda bisa membatasi fokus Anda hanya pada efek polusi udara terhadap kesehatan manusia, bukan seluruh dampaknya. Dengan cara ini, Anda tidak akan terjebak dalam melihat semua masalah sekaligus, melainkan bisa meneliti dengan lebih mendalam aspek yang relevan dan penting.

Dalam memilih batasan masalah, Anda perlu memikirkan tentang apa yang ingin kita teliti dan mengapa itu penting. Contohnya, jika Anda membatasi masalah pada polusi udara di perkotaan, Anda bisa lebih fokus pada dampaknya terhadap penduduk kota dan upaya yang bisa dilakukan untuk menguranginya. Dengan mempersempit fokus, Anda bisa lebih mudah mengumpulkan data dan membuat kesimpulan yang lebih tepat.

Namun, batasan masalah juga membatasi Anda. Mungkin ada informasi penting di luar batasan tersebut yang bisa memperkaya penelitian Anda. Oleh karena itu, dalam menetapkan batasan masalah, Anda harus memastikan bahwa batasannya cukup luas untuk menjangkau inti masalah, namun cukup sempit untuk memungkinkan Anda meneliti dengan mendalam. Dengan begitu, Anda bisa menyeimbangkan antara fokus dan keluasan dalam penelitian Anda.

Baca juga : Melampaui Angka: Menerapkan Analisis Data dalam Penelitian

Tujuan Batasan Masalah

Menetapkan batasan masalah dalam sebuah skripsi memiliki tujuan yang sangat penting. Pertama-tama, hal itu membantu menyederhanakan proses penelitian dengan memfokuskan perhatian pada bagian-bagian penting dari topik yang dipilih. Bayangkan jika kita harus meneliti segala sesuatu tentang suatu topik, pasti akan sangat membingungkan dan sulit untuk mendapatkan hasil yang jelas. Dengan menetapkan batasan, kita bisa lebih fokus dan efisien dalam mencari informasi yang relevan.

Selain itu, batasan masalah juga membantu kita untuk tidak terjebak dalam labirin informasi yang terlalu luas. Dengan mempersempit cakupan topik, kita bisa lebih mendalam dalam mempelajari aspek-aspek yang lebih spesifik. Ini memungkinkan kita untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam dan hasil yang lebih terperinci tentang topik yang diteliti.

Terakhir, menetapkan batasan masalah juga membantu kita untuk mengelola waktu dan sumber daya dengan lebih efektif. Dengan memahami apa yang ingin kita capai dan seberapa besar cakupan penelitian yang bisa kita tangani, kita dapat membuat jadwal yang realistis dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia dengan lebih efisien. Dengan demikian, batasan masalah membantu kita untuk membuat penelitian yang lebih terarah dan dapat diselesaikan dengan baik.

Contoh-contoh Batasan Masalah

Dalam menentukan batasan masalah skripsi, sangat penting untuk menentukan ruang lingkup penelitian agar fokus dan tidak terlalu luas. Misalnya, jika kita ingin meneliti pengaruh media sosial terhadap kesejahteraan psikologis remaja, kita perlu menetapkan batasan seperti platform media sosial yang akan diteliti dan rentang waktu penggunaannya. Contohnya, kita hanya akan fokus pada Instagram dan Facebook dalam dua tahun terakhir. Dengan cara ini, penelitian kita akan lebih terfokus dan dapat memberikan informasi yang lebih mendalam tentang bagaimana kedua platform tersebut memengaruhi perasaan dan pikiran remaja.

Dengan menetapkan batasan masalah yang spesifik, kita dapat menghindari kebingungan dan memastikan bahwa kita tidak meneliti terlalu banyak hal sekaligus. Dalam contoh ini, dengan hanya memilih dua platform media sosial, yaitu Instagram dan Facebook, kita dapat fokus pada dampak konkret yang mungkin dimiliki kedua platform tersebut terhadap kesejahteraan psikologis remaja. Selain itu, dengan membatasi rentang waktu penggunaan hanya dua tahun terakhir, kita dapat menangkap tren dan perubahan yang terjadi lebih akurat.

Hal penting lainnya adalah bahwa dengan batasan masalah yang jelas, penelitian kita akan lebih mudah dipahami oleh pembaca. Mereka akan tahu dengan pasti apa yang kita teliti dan pada kisaran waktu apa penelitian tersebut dilakukan. Ini akan membantu pembaca dalam memahami konteks penelitian dan bagaimana hasilnya dapat diterapkan dalam konteks kehidupan sehari-hari remaja yang menggunakan media sosial. Dengan demikian, batasan masalah yang tepat tidak hanya membantu penelitian kita menjadi lebih fokus, tetapi juga membuatnya lebih mudah dipahami dan relevan bagi pembaca yang beragam.

jasa skripsi malang

Langkah-langkah Penetapan Batasan Masalah

Langkah-langkah penetapan batasan masalah dalam skripsi memainkan peran kunci dalam menentukan cakupan dan fokus penelitian. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diambil dalam proses penetapan batasan masalah:

1. Identifikasi Topik Penelitian

Langkah pertama adalah mengidentifikasi topik penelitian yang menarik dan relevan. Topik ini haruslah sesuai dengan minat peneliti dan memiliki relevansi yang jelas dengan bidang studi yang dipilih.

2. Review Literatur

Lakukan tinjauan literatur yang komprehensif untuk memahami konteks dan isu-isu yang telah diteliti sebelumnya dalam topik yang dipilih. Tinjauan literatur ini akan membantu dalam menentukan celah penelitian yang dapat dieksplorasi lebih lanjut.

3. Tentukan Tujuan Penelitian

Tentukan tujuan dan pertanyaan penelitian yang ingin dijawab melalui penelitian Anda. Pertanyaan penelitian ini haruslah spesifik dan jelas sehingga dapat membimbing penelitian Anda dengan baik.

4. Identifikasi Variabel Penelitian

Identifikasi variabel-variabel utama yang akan diamati dalam penelitian Anda. Variabel ini dapat mencakup variabel independen, variabel dependen, dan variabel kontrol yang relevan dengan topik penelitian Anda.

5. Tentukan Ruang Lingkup Penelitian

Tetapkan batasan-batasan yang jelas terkait populasi yang akan diteliti, lokasi penelitian, waktu penelitian, dan aspek-aspek lain yang relevan dengan topik penelitian Anda. Batasan ini akan membantu mempersempit cakupan penelitian Anda sehingga lebih mudah untuk mengeksplorasi secara mendalam.

6. Pilih Metode Penelitian

Pilih metode penelitian yang sesuai dengan tujuan dan pertanyaan penelitian Anda. Metode penelitian dapat mencakup metode kuantitatif, kualitatif, atau kombinasi dari keduanya, tergantung pada sifat dan kompleksitas topik penelitian Anda.

7. Rencanakan Instrumen Pengumpulan Data

Rencanakan instrumen pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian Anda, seperti kuesioner, panduan wawancara, atau lembar observasi. Pastikan instrumen tersebut dapat menghasilkan data yang relevan dan dapat diandalkan untuk menjawab pertanyaan penelitian Anda.

8. Evaluasi Keterbatasan

Selalu pertimbangkan keterbatasan-keterbatasan yang mungkin ada dalam penelitian Anda, seperti keterbatasan waktu, sumber daya, atau akses ke responden. Identifikasi keterbatasan-keterbatasan ini akan membantu Anda mengantisipasi potensi kendala dan merencanakan strategi yang tepat untuk mengatasinya.

Baca juga : Abstrak skripsi: Pengertian, Tujuan, Unsur dan Contoh

Kesimpulan

Dengan menetapkan batasan yang jelas dan terarah, peneliti dapat memfokuskan perhatian mereka pada aspek-aspek yang paling relevan dari topik yang dipilih, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan hasil yang lebih terperinci dan bermakna. Melalui contoh dan langkah-langkah yang telah dijelaskan dalam artikel ini, diharapkan pembaca dapat memahami pentingnya batasan masalah dalam merancang penelitian mereka sendiri, serta memiliki panduan yang berguna untuk mengembangkan batasan masalah yang tepat dalam skripsi mereka.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang batasan masalah skripsi! Baca artikel kami untuk memperoleh panduan lengkap mulai dari konsep dasar hingga aplikasinya dalam penelitian. Hubungi Admin Skripsi Malang untuk konsultasi dan bimbingan lebih lanjut. Bersama-sama, mari kita wujudkan skripsi yang berkualitas dan bermakna!

Open chat
Ribuan mahasiswa telah terbantu dan berhasil lulus. Konsultasikan skripsimu sekarang...