Abstrak Skripsi: Pengertian, Ciri-Ciri,Struktur, dan Contoh

Abstrak skripsi adalah elemen penting dalam sebuah karya ilmiah yang seringkali diabaikan, namun memiliki dampak besar terhadap pemahaman pembaca. Di sini, kami akan membahas secara komprehensif tentang pengertian, ciri-ciri, struktur, dan memberikan contoh-contoh konkret. Seringkali, dalam kesibukan menulis skripsi, kita melupakan pentingnya abstrak, padahal itulah yang pertama kali dibaca oleh pembaca potensial.

Mari jelajahi bersama-sama bagaimana membuat abstrak yang efektif dan menarik perhatian! Abstrak skripsi merupakan jendela utama yang membuka potensi penelitian kita kepada dunia. Tidak hanya sekadar rangkuman, abstrak mampu menjadi magnet pertama bagi pembaca untuk menjelajahi lebih dalam tentang topik yang kita teliti. Saat kita mulai memahami betapa vitalnya abstrak ini, langkah kita dalam menulis skripsi akan menjadi lebih terarah dan berkesan.

Pengertian Abstrak Skirpsi

Abstrak dalam sebuah skripsi adalah seperti cuplikan singkat yang memberikan gambaran umum tentang apa yang bisa diharapkan dari karya ilmiah tersebut. Biasanya, abstrak ini berfokus pada tujuan penelitian, cara penelitian dilakukan, apa yang ditemukan, dan kesimpulan yang dihasilkan. Jadi, ketika seseorang membaca abstrak, mereka akan mendapat gambaran yang jelas tentang inti dari skripsi tersebut.

Dalam abstrak, penulis menyajikan tujuan dari penelitian yang mereka lakukan. Ini adalah mengapa mereka melakukan skripsi tersebut, apa yang ingin mereka cari tahu, atau masalah apa yang ingin mereka pecahkan. Selain itu, abstrak juga menjelaskan cara penelitian dilakukan, seperti metode apa yang digunakan untuk mengumpulkan data atau menganalisis informasi.

Selain itu, abstrak juga menyajikan temuan utama dari penelitian tersebut. Ini bisa berupa hasil analisis data atau temuan dari studi literatur. Abstrak juga menggarisbawahi kesimpulan utama yang bisa diambil dari penelitian tersebut, serta implikasi dari hasil-hasilnya. Jadi, abstrak adalah panduan cepat yang membantu pembaca memahami esensi dari sebuah skripsi tanpa harus membaca keseluruhan karya tersebut.

Baca juga : Abstrak skripsi: Pengertian, Tujuan, Unsur dan Contoh

Ciri-ciri Abstrak Skripsi

Berikut ini adalah 4 ciri-ciri dari abstrak skripsi

  1. Jelas: Abstrak harus mengkomunikasikan tujuan penelitian, metodologi yang digunakan, hasil utama, dan implikasi temuan dengan jelas. Ini berarti menggunakan bahasa yang mudah dipahami tanpa menggunakan istilah teknis yang terlalu khusus atau ambigu. Penggunaan struktur kalimat yang sederhana dan langsung juga membantu pembaca memahami informasi dengan lebih baik.
  1. Singkat: Singkatnya sebuah abstrak tidak hanya berhubungan dengan panjang teksnya, tetapi juga dengan ketepatan dalam penyampaian informasi. Setiap kalimat harus dirancang untuk memuat sebanyak mungkin informasi penting dalam jumlah kata yang terbatas. Hal ini membutuhkan pemilihan kata-kata dengan hati-hati dan menghindari pengulangan atau penggunaan frasa yang terlalu panjang.
  1. Padat: Padatnya sebuah abstrak berarti menyajikan informasi yang penting tanpa adanya detail yang berlebihan. Ini berarti menyajikan hanya poin-poin kunci dari setiap bagian skripsi, seperti latar belakang masalah, metodologi, hasil, dan kesimpulan. Penggunaan kata-kata yang spesifik dan relevan juga membantu menjaga padatnya abstrak.
  1. Mencerminkan Esensi: Abstrak harus mampu mencerminkan esensi dari keseluruhan skripsi dengan akurat. Ini berarti menyajikan gambaran umum yang mencakup semua aspek penting dari penelitian tanpa menyisipkan informasi yang tidak relevan. Pembaca harus dapat memperoleh pemahaman yang baik tentang topik penelitian, signifikansi temuan, dan kontribusi penelitian tanpa harus membaca keseluruhan dokumen.

Dengan memperhatikan keempat aspek ini dan menggabungkannya secara efektif, sebuah abstrak dapat menjadi alat yang efektif untuk memperkenalkan dan menjelaskan skripsi kepada pembaca dengan jelas, singkat, padat, dan mencerminkan esensi keseluruhan penelitian.

jasa skripsi malang

Struktur Abstrak Skripsi

Berikut adalah penjelasan mengenai struktur abstrak skripsi

  1. Pengantar: Ini adalah bagian di mana kamu memperkenalkan topik penelitianmu secara singkat. Ceritakan mengapa topik ini penting dan apa yang membuatnya menarik untuk diteliti. Bisa juga disertakan latar belakang singkat yang menjelaskan konteks penelitian.
  1. Tujuan Penelitian: Jelaskan apa yang ingin kamu capai dengan penelitian ini. Apakah kamu ingin menjawab pertanyaan tertentu, mengungkapkan pola-pola baru, atau menguji suatu teori? Tujuan ini harus jelas dan terkait langsung dengan topik penelitianmu.
  1. Metode Penelitian: Di sini, jelaskan bagaimana kamu melakukan penelitian. Sebutkan metode-metode yang kamu gunakan, seperti survei, wawancara, atau analisis statistik. Jelaskan juga alat dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data.
  1. Temuan: Ini adalah bagian di mana kamu menggambarkan hasil dari penelitianmu. Ceritakan apa yang kamu temukan selama proses penelitian. Misalnya, jika kamu melakukan survei, jelaskan apa saja hasil dari survei tersebut. Gunakan angka atau data penting untuk menunjukkan temuan utama.
  1. Kesimpulan: Akhirnya, rangkum temuan utama dan apa artinya dalam konteks penelitianmu. Jelaskan juga implikasi dari hasil penelitianmu ini dan kemungkinan arah untuk penelitian selanjutnya.

Pastikan setiap bagian mengalir dengan lancar dan saling terhubung satu sama lain. Jangan lupa untuk menjaga bahasa tetap jelas dan mudah dipahami agar pembaca dapat mengikuti alur pikiranmu dengan baik.

Contoh Abstrak Skripsi

Berikut adalah contoh pengembangan abstrak skripsi tentang pengaruh media sosial terhadap kesejahteraan remaja

Judul Skripsi: Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesejahteraan Remaja: Sebuah Studi di Sekolah Menengah Atas Kota X

Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana penggunaan media sosial berhubungan dengan kesejahteraan remaja di lingkungan sekolah menengah atas.

Metode Penelitian: Pendekatan penelitian ini adalah studi survei dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 200 siswa sekolah menengah atas di Kota X. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan analisis regresi untuk menentukan korelasi antara variabel penggunaan media sosial dan kesejahteraan remaja.

Hasil Temuan Utama: Temuan utama dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media sosial yang intens berkaitan dengan penurunan tingkat kesejahteraan remaja. Siswa yang menghabiskan lebih banyak waktu di media sosial cenderung mengalami peningkatan tingkat stres, kecemasan, dan penurunan kualitas tidur. Selain itu, terdapat hubungan negatif antara penggunaan media sosial dan kualitas hubungan sosial di dunia nyata.

Implikasi Praktis: Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya pengelolaan waktu yang seimbang antara penggunaan media sosial dan aktivitas di dunia nyata bagi remaja. Sekolah dan orangtua perlu memberikan edukasi tentang penggunaan yang bertanggung jawab terhadap media sosial serta mendorong kegiatan sosial dan olahraga di luar ruangan guna meningkatkan kesejahteraan remaja.

Baca juga : Apa itu Batasan Masalah Skripsi Contoh dan Langkah

Kesimpulan

Secara keseluruhan, abstrak skripsi merupakan komponen yang krusial dalam sebuah karya ilmiah. Dengan memahami pengertian, ciri-ciri, struktur, dan melihat contoh-contoh konkret, diharapkan pembaca dapat menyusun abstrak yang lebih efektif dan menarik. Jadikanlah abstrak sebagai cerminan dari kualitas penelitian yang telah dilakukan, serta sebagai jembatan yang menghubungkan antara peneliti dan pembaca.

Kunjungi kami Admin Skripsi Malang untuk mendapatkan panduan lebih lanjut tentang penulisan abstrak skripsi dan konsultasikan masalah penelitian Anda dengan tim ahli kami. Dengan bimbingan yang tepat, Anda akan mampu menampilkan potensi penelitian Anda secara maksimal.

Open chat
Ribuan mahasiswa telah terbantu dan berhasil lulus. Konsultasikan skripsimu sekarang...