Skripsi Jurusan Administrasi Seni

Administrator seni bekerja untuk organisasi seni dan budaya seperti teater dan galeri. Mereka bertanggung jawab untuk pemasaran, alokasi sumber daya, pendanaan dan kegiatan operasional sehari-hari. Acara-acara yang diadakan oleh teater dan galeri seni juga menjadi tanggung jawab Administrator Seni.

Administrasi seni sendiri bergerak di ranah makro dan juga ranah mikro. Di ranah makro, administrasi seni berjalan di ranah kebijakan kultural, implementasinya di lapangan dan dampaknya bagi publik. Sikap dan perspektif pengambil keputusan, pertimbangan dan langkah strategis yang diambil harus menjadi ranah kajian yang terus dipantau. Dalam ranah administrasi seni makro, pengambil keputusan dalam hal ini pemerintah dan badan yang ditunjuknya untuk pengembangan seni bekerja sama dengan elemen masyarakat dan praktisi seni untuk menciptakan ekosistem seni yang sehat dan berkembang.

Ada sejumlah Program Administrasi Seni yang ditawarkan di Inggris, Amerika Serikat dan Australia. Industri Seni secara keseluruhan memainkan peran penting baik secara kultural dan ekonomi. Para lulusan dari jurusan ini akan menemukan karir yang menarik dan beragam.

Hal yang paling sederhana adalah subsidi negara untuk organisasi dan kegiatan seni dan juga insentif para pendukung kegiatan non-profit seperti pemotongan pajak dan sebagainya. Segala aktivitas ini perlu dijustifikasi dan dipelajari secara menyeluruh baik, motivasi, pelaksanaan, dan evaluasi dampaknya terutama ketika sudah menyangkut keuangan publik di sana yang diambil dari pendanaan pajak warga negara. Di sisi lain, dengung ekonomi kreatif membahana di ranah sebelah yang menjadikan pembinaan seni sebagai ranah investasi publik yang harus dikaji secara tepat.

Administrasi seni dan kebijakan budaya memang bukan suatu hal yang lumrah namun sangat dibutuhkan untuk membentuk iklim berkesenian yang lebih dewasa. Ketika berkesenian bukan hanya sekedar beraktivitas namun juga berorganisasi, administrasi dan kemampuan manajemen akan semakin dibutuhkan. Bukan hanya senimannya, tapi juga peran pendukungnya. Administrasi seni pun akan semakin sentral dengan berkembangnya kehidupan berkesenian dalam bingkai kebangsaan Indonesia sejalan dengan bangsa.


Kami melayani jasa konsultasi, bimbingan dan pembuatan Skripsi Jurusan Administrasi Seni. Silakan hubungi nomer whatsapp di bawah ini.

This will close in 20 seconds

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?