Skripsi Jurusan Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan adalah segala kegiatan atau aktivitas perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara memperoleh pendanaan modal kerja, menggunakan atau mengalokasikan dana, dan mengelola aset yang dimiliki untuk mencapai tujuan utama perusahaan.

Tujuan utama Manajemen Keuangan adalah untuk memaksimalkan nilai yang dimiliki perusahaan atau memberikan nilai tambah terhadap asset yang dimiliki oleh pemegang saham.

Selain itu, ada fungsi manajemen keuangan yang dapat kamu simak berikut ini:

  • Perencanaan Anggaran

Manajemen keuangan memiliki fungsi sebagai upaya dalam perencanaan anggaran. Hal tersebut meliputi perencanaan mendapatkan uang (anggaran) dari sumber tertentu, serta perencanaan penggunaan anggaran tersebut secara optimal. Sehingga nantinya perusahaan dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah disusun. Selain itu, dengan perencanaan anggaran yang tepat, perusahaan mampu memperkirakan keuntungan dan juga kerugian yang akan dihadapi.

  • Fungsi Pengontrolan

Fungsi manajemen keuangan berikutnya adalah sebagai upaya dalam melalukan kontrol terhadap perputaran keuangan itu sendiri. Melalui manajemen ini perusahaan dapat mengetahui hal-hal keliru yang terjadi terhadap penggunaan anggaran melalui pengawasan. Apabila terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan rencana awal, maka pihak perusahaan akan melakukan perbaikan. Sehingga perusahaan mampu berjalan sesuai dengan rencana keuangan yang telah dibuat.

  • Pemeriksaan Anggaran

Pemeriksaan atau auditing termasuk salah satu fungsi penting dari Manajemen keuangan. Pemeriksaan berguna untuk mengetahui apakah penggunaan keuangan pada perusahaan tersebut telah sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku. Sehingga perusahaan dapat mengetahui apakah terdapat penyimpangan penggunaan anggaran atau tidak.

  • Pelaporan Anggaran

Fungsi manajemen keuangan lainnya adalah sebagai upaya pelaporan anggaran yang tepat sesuai dengan penggunaanya. Melalui penerapan manajemen yang benar, maka sebuah perusahaan akan mendapat laporan terhadap penggunaan anggarannya. Sehingga perusahaan dapat melakukan evaluasi untuk penggunaan anggaran di periode berikutnya.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

  • Ruang Lingkup Manajemen Keuangan terdiri dari:

Keputusan Pendanaan, meliputi kebijakan manajemen dalam pencarian dana perusahaan, misalnya kebijakan menerbitkan sejumlah obligasi dan kebijakan hutang jangka pendek dan panjang perusahaan yang bersumber dari internal maupun eksternal perusahaan.

  • Keputusan Investasi, Kebijakan penanaman modal perusahaan kepada aktiva tetap atau Fixed Assets seperti gedung, tanah, dan peralatan atau mesin, maupun aktiva finansial berupa surat-surat berharga misalnya saham dan obligasi atau aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
  • Keputusan Pengelolaan Aset, Kebijakan pengelolaan aset yang dimiliki secara efisien untuk mencapai tujuan perusahaan.

Kami melayani jasa konsultasi, bimbingan dan pembuatan Skripsi Jurusan Manajemen Keuangan. Silakan hubungi nomer whatsapp di bawah ini.

This will close in 20 seconds

Open chat
Halo, ada yang bisa kami bantu?